Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 1 Mei 2024 22:01

Tergerus Modernisasi, Kormi Bone Bakal Bangkitkan Olahraga Traditional


 Tergerus Modernisasi, Kormi Bone Bakal Bangkitkan Olahraga Traditional Perbesar

SULTRAKITA.COM, WATAMPONE — Pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) terbentuk di Bone dan akan diresmikan pada Minggu 12 Mei 2024 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan pada gelaran Audience bersama Pj Bupati Bone yang dilaksanakan di Komplek rumah jabatan Bupati Bone tepatnya di Aula La Teya Riduni, Rabu (1/5).

Sebagai wadah olahraga Kemasyarakatan Kormi Bone Bakal membangkitkan kembali Olahraga Tradisional Bone yang hampir Punah tergerus oleh Moderenisasi.

Olahraga kemasyarakatan di Kabupaten Bone ini diketuai oleh Abdul Gaffar, dan Mukhlis sebagai Sekretaris Kormi.

Ketua Kormi Bone, Abdul Gaffar dalam wawancaranya usai gelaran Audience menyatakan bahwa banyak potensi olahraga Kemasyarakatan yang dapat digali dan dikembangkan di Kabupaten Bone.

“Kormi ini mewadahi olahraga kemasyarakatan tentu artinya olahraga tradisional harus kita masifkan, contohnya layang layang Mapapadekko, Massempe, kita harus gali kembali potensi budaya kita, selama ini kan ditelan bumi, misalkan hari jadi Bone tidak ada ditampilkan olahraga tradisional, minimal kita tampilkan di lapangan merdeka,” bebernya.

Ia juga mengharapkan Dengan kehadiran Kormi potensi olahraga kemasyarakatan di Bone bisa bangkit kembali serta menggali dan mendata potensi kearifan lokal khususnya di pedesaan, yang ada di pelosok-pelosok.

Baca juga :   Vaksinasi Booster Mulai Pertengahan Januari 2022

Senada dengan Ketua Kormi Bone, Sekertaris Kormi Mukhlis juga Mengharapkan agar olahraga-olahraga kemasyarakatan yang selama ini belum ada wadahnya bisa terbentuk dibawah naungan induk olahraga yang dinaungi oleh Kormi.

“Olahraga kemasyarakatan yang merupakan kearifan lokal budaya Bone bagaiman bisa dibesarkan dan dikembangkan di Kabupaten Bone, dilakukan secara masif agar masyarakat semakin mencintai olahraga, begitu pula olahraga tradisional yang merupakan Warisan leluhur yang harus dilestarikan,” ungkapnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Bone Andi Islamuddin Mengapresiasi terbentuknya Kormi di kabupaten Bone sebagai wadah untuk menumbuh kembangkan olahraga kemasyarakatan di Kabupaten Bone, yang selama ini belum ada wadahnya.

Andi Islamuddin menyampaikan bahwa selama ini Kormi sudah terbentuk dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten Kota dan Kabupaten Bone merupakan urutan Ke 20 untuk pembentukan Kormi tersebut.

“Segera diinventerisasi yang mana saja yang masuk kategori olahraga yang akan diwadahi oleh Kormi, untuk tingkat nasional ada 96 olahraga kemasyarakatan yang sudah tergabung dalam wadah Kormi dan untuk di Sulawesi Selatan kurang lebih 40 olahraga kemasyarakatan yang akan diinventerisasi,” ujarnya.

Baca juga :   Rangkaian HJB 694, Pj Bupati Ziarah makam Ingatkan Jasa Para Raja Bone

Beberapa olahraga kemasyarakatan yang akan kembali digelorakan dan diinventarisasi untuk kabupaten Bone sendiri diantaranya adalah cabang senam,layang-layang, sepeda ontel,panco, pencak silat tradisional,madekko, massempe dan banyak lagi lainnya. (WRD)

Artikel ini telah dibaca 126 kali

Baca Lainnya

Halalbihalal bersama Wartawan, PT Vale Tegaskan Komitmen Penerapan Pertambangan Berkelanjutan

29 Mei 2024 - 16:28

Bupati Koltim Ingatkan Perencana di OPD Susun Anggaran Tepat Sasaran

29 Mei 2024 - 15:10

FKIP USN Kolaka Gelar Edufest – Lomba Kreativitas Mahasiswa 2024

28 Mei 2024 - 19:26

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Turnamen 99 Community Cup II Bakal Digelar, Berhadiah 100 Juta Rupiah

25 Mei 2024 - 23:58

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

Trending di Berita Utama