Menu

Mode Gelap

Kolaka · 28 Sep 2022 12:48

Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, USN Kolaka Latih Warga Olah Kelapa jadi VCO


 Kaprodi Biologi FKIP USN, Sapruddin saat melakukan sosialisasi tentang Olahan Kelapa menjadi VCO Perbesar

Kaprodi Biologi FKIP USN, Sapruddin saat melakukan sosialisasi tentang Olahan Kelapa menjadi VCO

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Guna meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Toari yang kaya akan potensi buah kelapa, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemendikbudristek, Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar pelatihan pengolahan buah kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO).

Baca juga :   PT CNI Kampanyekan Stop Narkoba

Kaprodi Biologi FKIP USN, Sapruddin mengatakan, dirinya bahwa bersama TIM PKM Alimuddin dan Djunarlin Dosen Biologi serta Mahasiswa Umi Helvydah dan Iva Kardillah melakukan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat untuk mengolah buah kelapa menjadi produk bernilai ekonomi tinggi seperti VCO. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dosen USN Kolaka ini dibiayai oleh Kemendikbudristek Tahun 2022

“Dalam kegiatan ini ada beberapa point penting yang kami berikan diantaranya, memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan buah kelapa sebagai bahan baku pembuatan VCO bernilai ekonomi tinggi, memberikan informasi kepada masyarakat mengenai manfaat mengkonsumsi VCO, memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai proses pembuatan VCO dan pengemasannya, serta memberikan usulan terkait pendirian usaha produksi VCO di Desa Toari dan Manajemen pemasarannya,” ujarnya.

Baca juga :   Peduli Peningkatan Ekonomi Petani Blok Pomalaa, Vale Perkenalkan SRI Organik

Saparuddin memaparkan, bahwa proses pembuatan VCO ada beberapa poin penting diantaranya, pemilahan buah kelapa yang baik dan benar, peralatan dan proses pembuatan, proses selama pembuatan, dan proses penyimpanan dan pengemasan.

Buah Kelapa yang digunakan menurutnya,  harus sudah tua agar banyak menghasikan santan. Metode pembuatan khususnya proses fermentasi juga sangat kami tekankan kepada ibu-ibu peserta kegiatan.

Baca juga :   Yahyanto Optimis Lima Calon Rektor Siapkan Berkas Pendaftaran

“10 buah Kelapa yang digunakan jika dikelola dengan baik maka akan menghasilkan sekitar 500 mL VCO. Dan tentunya harga jual VCO di pasar internasional sangatlah mendukung dibandingkan jika hanya dijual perbiji dan dibuat menjadi kopra. Bayangkan saja dari 10 buah kelapa dapat menghasilkan sekitar 500 mL bahkan lebih VCO yang harganya tiga kali lipat jika dikelola menjadi kopra,” paparnya

Dalam kegiatan ini turut  menghadirkan narasumber  yakni Zul Arham yang berafiliasi sebagai Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari. (bak)

Artikel ini telah dibaca 148 kali

Baca Lainnya

Mahasiswa UHO Studi Lapang Pengelolaan Lahan Pascatambang PT Vale IGP Pomalaa

18 Juli 2024 - 09:25

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau

11 Juli 2024 - 10:05

446 Mahasiswa USN Kolaka Diwisuda

1 Juli 2024 - 16:15

SMKN 9 Kolaka Raih Predikat Satuan Pendidikan Kemajuan Terbaik

28 Juni 2024 - 11:02

Pengurus PMI Kolaka Masa Bakti 2023-2024 Dilantik

20 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Kolaka Gelar Rembuk Stunting

19 Juni 2024 - 20:40

Trending di Kolaka