Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 12 Nov 2023 14:38

USN dan UNIROW Tuban Kolaborasi Pemberdayaaan Masyarakat Pesisir Toari


 Pelatihan Pemasaran dan Pembukuan Perbesar

Pelatihan Pemasaran dan Pembukuan

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bersama Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban berkolaborasi pada program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (Kosabangsa), dengan menggelar pelatihan yang mengangkat tema pemberdayaan masyarakat pesisir, melalui pemanfaatan limbah kelapa dan pengolahan hasil perikanan di desa Toari.

Program Kosabangsa sendiri merupakan program pendanaan dari Ditjen Diktiristek melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) untuk menjembatani kolaborasi dalam pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKS), yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan Masyarakat. Program ini merupakan wujud dalam mengaplikasikan hasil riset unggulan bidang pertanian dan perikanan, dengan USN Kolaka sebagai tim pelaksana dan Universitas PGRI Ronggolawe sebagai tim pendamping.

Pelatihan Pembuatan Kecap Manis Dan Sambal Ikan Teri

Tim pelaksana Kosabangsa USN Kolaka diketuai Fitrianti Handayani, S.P., M.P., bersama dua anggota yaitu Ilham Antariksa Tasabaramo, S.Kel., M.Si dan Maretik, S.P., M.Si., merangkul dua mitra yang terdiri dari kelompok tani Bina Bersama dan kelompok nelayan Teri Jaya Desa Toari.

Baca juga :   Polres Kolaka Berhasil Amankan 55,17 gram Sabu

“Desa Toari memiliki potensi sumber daya alam di bidang pertanian dan perikanan. Potensi utama bidang pertanian adalah tanaman kelapa dan bidang perikanan tangkap adalah ikan teri dan ikan cakalang. Melalui program Kosabangsa ini, USN Kolaka dan UNIROW Tuban akan masuk lebih dalam untuk menggali potensi tersebut,” ujar ketua pelaksana Kosabangsa Fitrianti Handayani.

Ia menambahkan, saat sosialisasi bersama kepala Desa Toari dan masyarakat, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada program Kosabangsa ini, yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan dalam melakukan diversifikasi produk turunan dari tanaman kelapa dan Ikan. Beberapa produk yang nantinya akan dihasilkan pada program ini adalah kecap manis, arang briket, kerupuk ikan, sambal ikan teri, dan ikan asap.

“Mitra akan dibekali ilmu dan teknologi pada saat pelatihan sehingga diharapkan bisa meningkatkan kegiatan produksi usahanya. Salah satu teknologi yang akan diberikan kepada mitra adalah alat pengasapan ikan ramah lingkungan, dimana teknologi tersebut merupakan paten dari tim pendamping UNIROW Tuban yaitu Dr. Marita Ika Joesidawati, ST., M.Si.,M.Pd.,” tandasnya. (Pry)

Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Konsisten Tingkatkan Produksi Pangan Petani, Andi Asman Sulaiman Tanam Mina Padi di Cabbeng

18 Juli 2024 - 12:58

Sosialisasi Pilkada Melalui Cafe Demokrasi, KPU Bone Sasar Pemilih Pemula

18 Juli 2024 - 11:34

Mahasiswa UHO Studi Lapang Pengelolaan Lahan Pascatambang PT Vale IGP Pomalaa

18 Juli 2024 - 09:25

Bawaslu Bone Temukan 11 Pelanggaran Coklit

17 Juli 2024 - 16:05

Kunjungi PT Vale IGP Pomalaa, MIND ID Puji Praktik Pertambangan Berkelanjutan

17 Juli 2024 - 15:40

Tradisi 10 Muharram di Bone, Emak emak Berburu Perabot Rumah Tangga

16 Juli 2024 - 17:13

Trending di Berita Utama