Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 2 Okt 2023 21:00

USN Kolaka Bakal Gelar International Conference


 USN Kolaka Bakal Gelar International Conference Perbesar

SULTRAKITA.COM, Kolaka – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bakal menggelar International Conference bertajuk ‘The Role of Higher Education in Realizing the Golden Generation by 2045 ”The Role of Higher Education in Realizing the Golden Generation by 2045’

I Gede Purwana Edi Saputra, ketua panitia International Conference USN Kolaka menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai 10 hingga 11 Oktober 2023 melibatkan dosen, mahasiswa, hingga praktisi dari perguruan di dalam maupun luar negeri.

”Tema yang diusung dalam konferensi internasional yakni Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Generasi Emas Tahun 2045. Sesuai tema tersebut, konferensi ini akan fokus membahas pengelolaan berkelanjutan dari sumber daya pesisir. Baik itu sumberdaya alam maupun sumber daya manusia,” jelasnya.

International Conference, kata I Gede bakal dihadiri tiga kementerian yakni, Kementerian Pertanian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

”International Conference ini juga mengundang empat negara yang nantinya bakal menjadi keynote speakers atau pembicara yaitu speakers Indonesia, Malaysia, Thailand dan speakers asal Jepang,” katanya.

Baca juga :   ANTAM Kolaka Libatkan Warga Hakatutobu Transplantasi Terumbu Karang

Dalam International Conference tersebut juga sebagai ajang bagi para dosen maupun peneliti dari luar luar Sulawesi Tenggara mempresentasikan hasil kajiannya.

”Nah, kebetulan dalam kegiatan ini ada dua kategori persentase yaitu sample presentation dan poster presentation. Jadi nanti peneliti dan akademisi bakal menampilkan hasil kajian mereka baik dalam bentuk artikel ilmiah maupun dalam bentuk poster,” jelasnya.

Ia menambahkan, sample presentation bakal dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober, sementara poster presentation dilaksanakan keesokan harinya atau pada tanggal 11 Oktober.

Saat ini pesera yang telah mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam International Conference tersebut berjumlah 557 orang.

”Peserta yang sudah mendaftar berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Hampir semua kampus yang ada di Indonesia mengirimkan artikelnya,” ujar I Gede Purwana Edi Saputra yang juga Ketua Prodi Pendidikan Fisika USN Kolaka.

USN Kolaka pada International Conference nanti, akan memperkenalkan Kabupaten Kolaka dari sisi akademis. Gelaran International Conference merupakan capaian USN Kolaka dibawah kepemimpinan rektor Nur Ihsan.

Baca juga :   Pemkot dan BNN Kota Kendari Peringati HANI 2022, Sulkarnain Harapkan Masyarakat Terhindar Narkoba

”Ini juga bisa mendukung visi USN menjadikan kampus merah maron masuk nominasi terbaik di kawasan ASEAN. Langkah pentingnya yakni menjalin komunikasi internasional atau dengan kampus-kampus luar negeri,” tuturnya.

I Gede Purwana juga mengungkapkan, International Conference juga bakal dirangkaikan dengan MoU antara USN Kolaka dengan Mahidol University Thailand dan University of Fukui Japan.

”Harapan kita semoga dengan kegiatan ini bisa mempercepat capaian visi USN Kolaka untuk menjadi kampus dengan nominasi terbaik di kawasan ASEAN. Selain itu, USN juga bisa menjadi pusat kajian pertambangan di Sulawesi Tenggara, selain itu, kita berharap kampus USN bisa menjadi katalisator baik di kalangan birokrasi maupun industri, utamanya dalam memberikan kajian ilmiah untuk mengelola sumber daya alam maupun sumber daya manusia di Kabupaten Kolaka,” pungkasnya. (bak)

Artikel ini telah dibaca 164 kali

Baca Lainnya

Diterpa Isu Negatif, Begini Penjelasan Kepala Bappeda Wakatobi

19 Juli 2024 - 20:17

Harmonisasi Perencanaan Pembangunan, Pemda Wakatobi Gelar FGD Rancangan Teknokrat RPJMD

19 Juli 2024 - 19:58

Toyota Rush, Cicilan Tanpa Bunga Nol Persen

19 Juli 2024 - 17:53

Kalla Toyota Mengadakan Customer Gathering Toyota Auto Show 2024 di Kendari  

19 Juli 2024 - 16:59

Mundur Walikota Solo, Barisan RFG Apresiasi Capaian Prestasi Gibran

19 Juli 2024 - 16:38

PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023

19 Juli 2024 - 10:10

Trending di Berita Utama