Menu

Mode Gelap

Kota Kendari · 11 Jun 2021 09:54

Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian Di Kebun Opal


 Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian Di Kebun Opal Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Salah satu tugas BPTP Sultra adalah melaksanakan pengkajian dan perakitan  teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi. Demi menunjang penerapan teknologi, beberapa areal  Kantor disulap menjadi Kebun. Satu diantaranya yakni lahan Obor Pangan Lestari (OPAL) di sekitar lingkungan kantor.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP, MM, mengatakan bahwa selain sebagai pengkajian lahan ini dijadikan sebagai lahan diseminasi atau percontohan inovasi teknologi Balitbangtan yang dibudidayakan secara organik. Terdapat berbagai varietas tanaman produktif seperti sayuran dan tanaman obat sistem gilir yaitu padi, Jagung, cabe, sawi, terong, jahe, kunyit serta  ternak kambing.

“Pengelola kebun memilih varietas yang cocok dikembangkan dan secara rutin memonitoring pertumbuhan  hingga masa panen. Lahan ini juga terintegrasi dengan pemeliharaan ikan. Terdapat kurang lebih 200 ekor ikan jenis  ikan mas yang dipelihara” kata Muhammad Sidiq.

Berbagai jenis tanaman yang didisplay disini jadi sarana pembelajaran inovasi teknologi balitbangtan kepada masyarakat di Sultra jadi siapapun dari komunitas, kelompok tani, mahasiswa atau pelajar boleh berkunjung dan menyerap teknologinya” Ujar Adlan Larisu selaku  Sub Koordinatori kerjasama dan pelayanan pengkajiann BPTP Sultra.

Baca juga :   BPTP Sultra Gelar Bimtek Pemanfaatan Lahan Perkarangan di Kota Kendari

OPAL ini dirawat oleh beberapa tenaga lapangan handal yang telah berpengalaman dengan tetap dimonitoring secara rutin oleh penanggungjawab kegiatan. Hasilnya bisa dinikmati oleh seluruh ASN dan tenaga kontrak karena didisplay dan dipasarkan melalui Tagri Mart yang terdapat di BPTP Sultra. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Agya dan Calya DP Mulai 6 Jutaan Rupiah di Sultra, Saatnya Berlebaran dengan Toyota

3 April 2024 - 17:16

Sebaran Suara Jaelani Dari Petani Hingga Nelayan, Raih Suara Terbanyak DPR RI Dapil Sultra

22 Maret 2024 - 15:13

Jaelani Raih Suara Terbanyak Amankan Satu Kursi DPR RI Dapil Sultra; PKB Mulai Bangkit Dari Timur

10 Maret 2024 - 21:00

Suara Caleg PKB Sultra Tiba-tiba Turun Drastis di Aplikasi Sirekap KPU

19 Februari 2024 - 22:35

Tempuh Ratusan Kilometer, Toyota Kijang Innova Zenix Terbukti Irit dan Nyaman  

21 Desember 2023 - 20:01

Bazaar Tukar Tambah Kendari Bukukan 74 SPK Selama Dua Hari

25 Oktober 2023 - 19:26

Trending di Kota Kendari