Menu

Mode Gelap

Kota Kendari · 18 Mar 2021 14:31

BPTP Sultra Gelar Bimtek Pemanfaatan Lahan Perkarangan di Kota Kendari


 BPTP Sultra Gelar Bimtek Pemanfaatan Lahan Perkarangan di Kota Kendari Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Badan Litbang Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Lahan Perkarangan, (18/3/2021). Kegiatan ini dalam rangka mendukung Program Padat Karya Pertanian di Kecamatan Abeli ​​Kota Kendari.

Kegiatan diawali dengan laporan penyelenggara oleh Ir. Muhammad Rusman, MP, menyampaikan bahwa, kegiatan Bimtek diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari petani yang tergabung dalam Dasawisma dan Kelompok Wanita Tani Kota Kendari.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada petani, sehingga pemanfaatan lahan perkarangan sebagai sumber pangan dan gizi lingkungan dapat terpenuhi, “tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari diwakili Koordinator Jabatan Fungsional Hj. Hatija, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek di Kota Kendari. Karena pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan lahan perkarangan untuk membudidayakan suatu tanaman sangat dibutuhkan oleh petani.

“Para peserta dapat mengikuti bimbingan teknis sebaik-baiknya, sehingga pada saat kembali ke lokasi masing-masing, sudah dapat menerapkan materi yang disampaikan oleh penyuluh Badan Litbang Pertanian yang ada di Sulawesi Tenggara”, tutupnya.

Baca juga :   Positif Hasil Rapid Belum Tentu Positif Covid-19, Masyarakat Diminta Tidak Panik

Senada dengan hal itu, dalam arahannya, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ir. Yusuf, M.Si, menyampaikan, dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi di masyarakat perlu disampaikan inovasi teknologi pertanian kepada para petani dan penyuluh. Khususnya dalam penggunaan lahan perkarangan, sebagai sumber pangan dan gizi untuk pertanian maju, mandiri dan modern.

“Harapannya peserta dapat mengikuti materi Bimtek dengan topik pemanfaatan lahan perkarangan, dan dalam proses diskusi untuk menyampaikan permasalahan teknis yang selalu dalam pelaksanaan kegiatannya”, pungkasnya. (Adm)

Narasumber pada acara ini adalah penyuluh Balitbangtan BPTP Sultra Tamrin Kunta, SST., M.Si menyampaikan materi tentang penggunaan lahan perkarangan dengan berbagai inovasi teknologi media tanam, serta beberapa teknologi budidaya tanaman dari pembibitan, pengolahan lahan, pemupukan, pengendalian hama penyakit dan panen .

Acara tanya jawab dengan diskusi dan tanya jawab antara petani, penyuluh dengan Narasumber. Salah satu petani dari Kecamatan Abeli ​​mengharapkan adanya pendampingan dan bimbingan dari BPTP Sultra dalam melaksanakan kegiatan mereka.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Beli Toyota Sekarang Cukup Dengan DP Rp 6 Jutaan Rupiah

20 Juni 2024 - 14:31

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Agya dan Calya DP Mulai 6 Jutaan Rupiah di Sultra, Saatnya Berlebaran dengan Toyota

3 April 2024 - 17:16

Sebaran Suara Jaelani Dari Petani Hingga Nelayan, Raih Suara Terbanyak DPR RI Dapil Sultra

22 Maret 2024 - 15:13

Trending di Berita Utama