Menu

Mode Gelap

Kota Kendari · 5 Jun 2021 13:37

BPTP Sultra Gelar Bimtek Inovasi Teknologi Pertanian


 BPTP Sultra Gelar Bimtek Inovasi Teknologi Pertanian Perbesar

SULTRAKITA. COM, KONSEL – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara sebagai UK/UPT, Kementerian Pertanian merealisasikan program padat karya Kementerian Pertanian (Kementan), melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Teknologi Pertanian dan Diseminasi Inovasi Teknologi Integrasi Jagung dan Ternak dalam mendukung Program Padat Karya Pertanian di Sulawesi Tenggara, Rabu, (2/6/2021).

Bimtek ini, dilaksanakan di Hotel Syariah, Jl. Proso Wawonggura-Palangga, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Dimana peserta Bimtek terdiri dari petani yang didampingi oleh penyuluh BPP yang ada di Kab Konawe Selatan.

Dalam sambutannya Kepala BPTP Sultra Muhammad Sidiq, S.TP, MP. sekaligus membuka secara resmi acara, Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani yang telah berkesempatan menghadiri bimbingan teknis inovasi teknologi pertanian.

” Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan petani, terutama dalam pengetahuan terkait pemanfaatan inovasi teknologi pertanian di Kabupaten Konawe Selatan,” tutupnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Selatan Hidayatullah dalam paparan singkatnya menjelaskan tentang peran penyuluhan dalam mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Konawe Selatan.

Baca juga :   Mapala Tropis FP-UHO Gelar Aksi Bersih-bersih Di Air Terjun Moramo

“Petani sangat berperan di masa pandemi karena ketahanan pangan ada di tangan Bapak/Ibu Tani, bahkan selama masa covid-19, kegiatan pertanian banyak diminati masyarakat yang seblumnya bekerja di luar sektor pertanian” pungkasnya.

 

Perlu diketahui dalam Bimtek sesi I mengangkat tema, “Perencanaan Pembangunan Pertanian di Sultra oleh Bappeda Prov Sultra, mengenai Kebijakan Pembangunan Perternakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe Selatan serta Kebijakan Pembangunan Tanaman Pangan dan Peternakan. Pengaruh Iklim Mendukung Pertanian di Sultra oleh BMKG Sultra, Kebijakan Pembangunan Tanaman Pangan dan Peternakan: Komoditas jagung dan sapi potong oleh Distanak Sultra).

Setelah ishoma dan coffee break sesi II dari Bimtek ini dilanjutkan dengan mengusung tema ” Inovasi Teknologi Pakan Ternak Sapi Potong oleh Lawangi, S.Pt, M.Pt; Pemanfaatan Teknologi Informasi Peternakan dalam meningkatkan Produktifitas Sapi Potong di Konawe Selatan oleh drh. Mohammad Hartanto Yusufa, M.Si. Disela-sela pelaksanaan sesi II ungkapan beternak sapi potong dan sharing pengalaman oleh CV Kalibiru Bapak Edi Santoso juga dipaparkan guna membuat acara bimtek lebih menarik dan informatif bagi peserta.

Baca juga :   Jelang Porprov, Tim Futsal Kendari Target Medali Emas

Sesi terakhir dari bimtek ini dan menjadi penutup bimtek di hari pertama kemudian dilanjutkan dengan materi Inovasi Teknologi Tanaman Jagung oleh Sarjoni, Mp serta Ungkapan Pengalaman tentang Budidaya Jagung oleh Sugianto (Petani Penangkar jagung) sekaligus mengakhiri Bimtek di hari pertama. (IKL)

Artikel ini telah dibaca 73 kali

Baca Lainnya

Survei ASR dan Polling BS Unggul untuk Pilgub Sultra

23 Juni 2024 - 19:33

Beli Toyota Sekarang Cukup Dengan DP Rp 6 Jutaan Rupiah

20 Juni 2024 - 14:31

Agya dan Calya DP Mulai 6 Jutaan Rupiah di Sultra, Saatnya Berlebaran dengan Toyota

3 April 2024 - 17:16

Sebaran Suara Jaelani Dari Petani Hingga Nelayan, Raih Suara Terbanyak DPR RI Dapil Sultra

22 Maret 2024 - 15:13

Jaelani Raih Suara Terbanyak Amankan Satu Kursi DPR RI Dapil Sultra; PKB Mulai Bangkit Dari Timur

10 Maret 2024 - 21:00

Suara Caleg PKB Sultra Tiba-tiba Turun Drastis di Aplikasi Sirekap KPU

19 Februari 2024 - 22:35

Trending di Berita Utama