Menu

Mode Gelap

Terbaru · 18 Mar 2021 14:56

BPTP Sultra Gelar Bimtek Petani Milenial di Konda


 BPTP Sultra Gelar Bimtek Petani Milenial di Konda Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial di Kecamatan Konda, Kota Kendari, (18/3/2021).

Kegiatan Bimbingan Teknis dengan tema “Peningkatan Kapasitas Milenial Melalui Penguasaan Teknologi Informatika Mendukung Program Padat Karya Pertanian di Sulawesi Tenggara Tahun 2021” telah dilaksanakan di Desa Cialam Jaya Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Koordinator Program dan Evaluasi, Peneliti, Penyuluh BPTP Sultra, Kepala Desa Cialam Jaya, Koordinator Penyuluh, Ketua Komunitas Milenial Pertanian (KMP) Konda, serta Penyuluh Kecamatan Konda.

Kegiatan diawali dengan laporan oleh Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si. Dalam krisisnya, Ia menyatakan terkait dengan pelaksanaan kegiatan Bimtek.

“Dimana kegiatan ini, dilaksanakan di beberapa Kabupaten, dengan topik yang berbeda sesuai dengan potensi masing-masing wilayah,” ujarnya.

Diwaktu yang berbeda, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP., MM, menyampaikan, bahwa jumlah petani muda kurang lebih 2,7 juta orang dari total seluruh petani di Indonesia yang mencapai 33 juta orang. Jumlah petani muda ini masih 10% dari total seluruh petani yang ada. Presiden RI Ir. Joko Widodo meminta agar terus ditumbuhkembangkan petani muda yang profesional di era modernisasi saat ini.

Baca juga :   Bawaslu Wakatobi Periksa 33 Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Perlu diketahui bahwa pertanian merupakan sumbangsih terbesar dari negara Indonesia, yang terus berkembang dan terus berproduksi setiap waktu. Sehingga dibutuhkan peran petani milenial yang terus bertambah dan meningkat ”, urai Muhammad Sidiq.

Sambungnya, besar harapan Bapak Presiden RI (Ir. Joko Widodo) pada sektor pertanian, karena sektor pertanian merupakan ujung tombak dalam pencegahan infeksi covid-19. Karena sektor pertanian, sangat berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh.

“Selain itu, sektor pertanian juga memberikan dan penyumbang devisa negara yang cukup besar ”, tandasnya.

Sementara itu, senada dengan hal itu, Kepala Desa Cialam Jaya Rustam Sulaiman, SE, merasa bersyukur atas terbentuknya Komunitas Milenial Pertanian (KMP) Kecamatan Konda, di Sulawesi Tenggara.

“Bahwa dulu usaha pertanian belum dilirik oleh generasi muda, karena mereka banyak yang menginginkan menjadi seorang pegawai. Tetapi sekarang, kita harus katakan bahwa petani merupakan profesi dan kita bangga menjadi petani,” harapnya. (Adm).

Narasumber dalam kegiatan Bimtek yaitu Fuad Syah Putra, A.Md dari Balitbangtan BPTP Sultra dengan judul “Peningkatan Kapasitas Milenial Melalui Penguasaan Teknologi Informatika Mendukung Program Padat Karya Pertanian di Sulawesi Tenggara”. Kemudian pemateri kedua oleh ketua Komunitas Milenial Pertanian (KMP) Kec. Konda Ali Ahmadi dengan penyampaian Struktur KMP Konda, visi dan organisasi misi, dan beberapa pengalaman dan pengalaman petani muda Kec. Konda yang telah memenuhi kebutuhan pasar di sekitar wilayah kota Kendari dan sekitarnya.

Baca juga :   Kesbangpol Wakatobi Gagas Panggung Demokrasi

 

Artikel ini telah dibaca 67 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru