Menu

Mode Gelap

Berita Utama · 17 Apr 2024 23:45

Bupati Haliana Buka Acara Adat Karia’a Ajamani Binongko; Tradisi Unik Tiap Delapan Tahun


 Bupati Haliana Buka Acara Adat Karia’a Ajamani Binongko; Tradisi Unik Tiap Delapan Tahun Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI — Bupati Wakatobi Haliana membuka gelaran acara adat Karia’a Ajamani masyarakat pulau Binongko, Rabu (17/4). Acara adat ini cukup unik, sebab digelar hanya sekali setiap Delapan tahun.

Karia’a Ajamani digelar melibatkan masyarakat di empat desa dan kelurahan di dua Kecamatan, tepatnya di Kelurahan Wali, Desa Jaya Makmur, Kampo-kampo, Lagongga Kecamatan Binongko dan Desa Haka Kecamatan Togo Binongko.

Diikuti kurang lebih 600 peserta, dihadiri Bonto Ogena Kapitalao Matanaeo Kesultanan Buton, Bontona Tanailandu sebagai Bonto Ogena Matanaea, Unsur Pimpinan DRPD Kabupaten Wakatobi, serta tokoh adat dan tokoh agama setempat.

Prosesi Adat Karia’a Ajamani ini pun resmi dibuka oleh Bupati Wakatobi Haliana ditandai dengan pemukulan Gong.

Pada acara yang dilaksanakan awal di Kelurahan Wali itu, Bupati Wakatobi Haliana memberi apresiasi dan mengatakan jika budaya tersebut merupakan tradisi yang kuat dan unik.

Uniknya, Karia’a Ajamani, kata Bupati Haliana, sebab acara adat ini hanya digelar setiap delapan tahun sekali, berbeda dengan Karia’a pada umumnya yang digelar dibeberapa wilayah di Pulau Wangi-Wangi yang dilakukan setiap tahun.

Baca juga :   Korem 141 Toddopuli Gelar Sertijab Dandim Wajo dan Jeneponto

“Kuat karena pelaksanaan Karia’a Ajamani dilestarikan masyarakat adat setempat sudah berabad-abad lamanya dengan hakikat dan filosofi turun-temurun,” kata Bupati Haliana.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi akan memberikan apresiasi khusus terhadap kekayaan adat yang ada di Pulau Pandai Besi itu.

Ketua Panitia Pelaksanaan Karia’a Ajamani Kelurahan Wali, La Ode Masihudin mengatakan, Selain unik, peserta Karia’a Ajamani juga terbilang banyak mencapai enam ratus peserta.

Dengan keunikan tradisi itu, pihaknya akan berupaya agar Karia’a Ajamani pulau Binongko bisa tembus di Museum Rekor Dunia–Indonesia (Muri).

“Untuk ini peserta jumlah peserta kita mencapai enam ratus, dari target seribu peserta” singkatnya. (Man)

Artikel ini telah dibaca 116 kali

Baca Lainnya

Maskot Pilkada Bone La Garuda’E; Lahirkan Pemimpin Berjiwa Kesatria.

27 Mei 2024 - 00:16

Resmi Digelar, 1755 Atlit Siap Berlaga di Porkab Bone

25 Mei 2024 - 18:53

LPPM USN Kolaka Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal

24 Mei 2024 - 17:18

Vale Goes to School Edukasi Siswa Buat Pupuk Kompos Demi Jaga Lingkungan

24 Mei 2024 - 10:05

Koltim Bakal Miliki Kantor Pengadilan Agama

23 Mei 2024 - 08:41

Pemda Koltim Raih WTP ke Lima

22 Mei 2024 - 18:47

Trending di Berita Utama