Menu

Mode Gelap

Konawe · 15 Apr 2021 13:56

Demplot Pengembangan VUB Padi Sawah Khusus dan VUB Padi Sawah Spesifik Lokasi


 Demplot Pengembangan VUB Padi Sawah Khusus dan VUB Padi Sawah Spesifik Lokasi Perbesar

SULTRAKITA.COM, Konawe- Balitbangtan BPTP Sultra melaksanakan sosilisasi kegiatan Demplot Pengembangan VUB Padi Sawah Khusus dan VUB Padi Sawah Spesifik Lokasi di kantor BPP Kecamatan Amonggedo.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra  diwakili Koordinator Program dan Evaluasi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe diwakili Kabid. Tanaman Pangan, Sekreraris Camat Amonggedo, Lurah Amonggedo, Peneliti, Penyuluh dan Kelompok Tani.

Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si menyampaikan bahwa, kegiatan demplot dilaksanakan diseluruh provinsi termasuk Sultra.

“Kegiatan ini bertujuan untuk  mendukung program pemerintah pusat yaitu menurunkan angka stunting dan Kementerian Pertanian menyediakan teknologi berupa benih yang kaya akan nutrisi yaitu benih padi Inpari IR Nutri Zinc,” tandasnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Rahmat Nur, SP menyambut baik kegiatan demplot yang dilaksanakan, karena mendukung program pemeritah daerah yaitu penurunan stanting.

‘’Harapannya hasil dari kegiatan ini  dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya sehingga pemenuhan gizi dapat tercapai serta produktivitas meningkat, karena benih yang digunakan merupakan benih unggul,’’ lanjut Rahmat Nur

Baca juga :   125 Bibit Kopi Robusta Hiasi Kawasan Family Farming

Sementara itu Didik Rahardjo, SP peneliti dan penaggung jawab kegiatan, memberikan sosialisasi tentang rencana  pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir. Dimana kegiatan demplot dilaksanakan di kelompok tani Tunas Harapan 1 dengan menggunakan VUB Inpari IR Nutri Zinc untuk padi sawah khusus dan Inpari 33 untuk  padi sawah spesifik lokasi.

‘’Teknologi yang diterapkan  dalam kegiatan tersebut yaitu tanam pindah jajar legowo 2:1, teknologi pemupukan spesifik lokasi, pengendalian OPT ramah lingkungan serta akan dilakukan beberapa kegiatan pelatihan diantaranya pengenalan varietas unggul, menggunakan perangkat Uji Tanah Sawah untuk menentukan dosis pupuk, pembuatan pupuk organik padat dan cair, pembuatan pestisida nabati, dan akan dilaksanakan temu lapang/Apresiasi Teknologi,’’ kata  Didik Raharjo.

Sekretaris Camat Amonggedo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra yang telah menetapkan wilayah kami sebagai tempat kegiatan.  Harapannya kegiatan dapat  terus berlanjut sehingga masyarakat kami dapat menikmati teknologi yang telah dihasilkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan lokasi demplot, yang pada saat bersamaan dilakukan penanaman. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Target PKB Sultra di Konawe Raya : Maksimalkan Jumlah Kursi, Dorong Kader di Pilkada

28 November 2022 - 06:49

Mengenal Lebih Dekat, Erman Calon Kades Nomor Urut 1 Desa Tetenggabo Kecamatan Sabulakoa  

9 Mei 2022 - 18:33

125 Bibit Kopi Robusta Hiasi Kawasan Family Farming

14 Juli 2021 - 07:18

Koordinasi Persiapan Panen Raya

10 Juli 2021 - 07:01

Trending di Konawe