Menu

Mode Gelap

Konawe · 10 Jul 2021 07:01 WITA

Koordinasi Persiapan Panen Raya


 Koordinasi Persiapan Panen Raya Perbesar

SULTRAKITA.COM, KONAWE – Bertempat di BPP Amonggedo Balitbangtan BPTP sultra melakukan koordinasi persiapan panen raya padi bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe. Koordinasi dihadiri oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Kepala Dinas TPHP Kabupaten Konawe, Staf Ahli DPR RI Komisi IV asal Sulawesi Tenggara, Pejabat Struktural dan Fungsional Ingkup BPTP Sultra dan Dinas TPHP Kabupaten Konawe serta dihadiri oleh petani Kecamatan Amonggedo.

Koordinasi bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka persiapan pelaksanaan panen raya yang akan dirangkaikan dengan kegiatan Bimbingan Teknis, pameran display teknologi dan penyerahan bantuan. Kegiatan panen direncanakan akan dihadiri oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H.bersama Anggota DPR RI Komisi IV Fachry Pahlevi Konggoasa, S.E.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan panen akan dilakukan pada lahan demplot Balitbangtan BPTP Sultra pada Varietas Unggul Baru Padi Khusus Inpari IR Nutri Zinc  dan Spesifik lokasi Inpari 33.

‘’ Varietas Inpari IR Nutri Zinc terdapat kandungan Zn  sebesar 34,51 ppm, diharapkan dapat turut mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi kekurangan gizi Zinc dan meminimalisir stunting di Indonesia,” kata Muhammad Sidiq.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Anggota DPR RI komisi IV  yang mengamanahkan kepada Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan untuk melaksanakan demplot  VUB padi khusus dan spesifik lokasi yang mendukung program Presiden yaitu pencegahan stunting.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe Gunawan Samad, SP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balitbangtan BPTP Sultra yang telah melaksanakan kegiatan di Kabupaten Konawe berupa Demplot VUB Padi Khusus dan VUB Padi Spesifik lokasi.

‘’Dalam waktu dekat pada lokasi demplot akan dilaksanakan panen raya, dan saat ini Balitbangtan BPTP Sultra bersama Dinas TPHP sedang mempersiapkan pelaksanaan panen raya yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pertanian,” ujar Gunawan Samad

Hasil koordinasi hari ini akan di sampaikan kepada Sekretaris Daerah terkait dengan persiapan yang akan dilakukan dalam rangka pelaksanaan panen.

‘’Untuk diketahui bahwa Kabupaten Konawe memiliki beberapa program prioritas dalam rangka mempercepat pembagunan pertanian diantaranya program sejuta ton beras dan  program sejuta ekor ternak,” jelasnya.

Sementara itu Dr. Ir Muhammad Alwi Mustaha, M.Si memaparkan rencana panen raya VUB padi khusus dan VUB padi spesifik lokasi, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa kegiatan panen raya direncanakan dilaksanakan selama 2 hari yaitu 14 – 15 Juli 2021. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Bimtek dan pameran display teknologi.

“Beberapa kegiatan persiapan yang telah dilakukan diantaranya membuat sketsa lokasi panen dan bimtek, menghitung jarak dan durasi,  waktu yang akan digunakan, pembenahan yang akan dilaksanakan serta mengidentifikasi kebutuhan lainnya,” kata Muhammad Alwi.

Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan meninjau lokasi panen serta lokasi Bimtek dan pameran display. (Ikl)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Mengenal Lebih Dekat, Erman Calon Kades Nomor Urut 1 Desa Tetenggabo Kecamatan Sabulakoa  

9 Mei 2022 - 18:33 WITA

125 Bibit Kopi Robusta Hiasi Kawasan Family Farming

14 Juli 2021 - 07:18 WITA

Demplot Pengembangan VUB Padi Sawah Khusus dan VUB Padi Sawah Spesifik Lokasi

15 April 2021 - 13:56 WITA

Trending di Konawe
error: Content is protected !!