Menu

Mode Gelap

Konawe · 9 Mei 2022 18:33 WITA

Mengenal Lebih Dekat, Erman Calon Kades Nomor Urut 1 Desa Tetenggabo Kecamatan Sabulakoa  


 Mengenal Lebih Dekat, Erman Calon Kades Nomor Urut 1 Desa Tetenggabo Kecamatan Sabulakoa     Perbesar

Tokoh Pemuda Yang Ingin Memajukan Perekonomian Masyarakat Desa

 

SULTRAKITA.COM, KONAWE SELATAN –Pesta demokrasi pemilihan kepala desa tinggal menghitung hari. Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten Konawe Selatan akan dilaksanakan pada Minggu, 22 Mei 2022.

Pemilihan kepala desa tahun ini akan digelar serentak 86 desa dari 24 Kecamatan di kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA).

Menariknya, pada pilkades serentak ini banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan kepala desa. Tak sedikit dari calon kepala desa di Kabupaten Konawe Selatan, khususnya di Kecamatan Sabulakoa adalah generasi muda berusia produktif, salah satunya adalah calon Kepala Desa dengan No Urut 1 Desa Tetenggabo, ERMAN, S.Pd (32 Th).

Erman, S.Pd. merupakan generasi muda (Milenial) yang telah banyak menimba ilmu dan pengalaman pada bidang pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan desa. Hal ini dibuktikan dengan pengabdiannya pada pengembangan dan pembangunan desa melalui program nasional Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Desa (PSP3), dimana program ini adalah Program Nasional dari Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Erman, S.Pd. sebagai salah satu pemuda Sulawesi Tenggara yang terpilih dalam program tersebut, yang kemudian ditugaskan/ditempatkan di Desa Nyerot, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pemuda ini mengemban amanah dari pemerintah dalam hal ini kementrian pemuda dan olahraga untuk membantu meningkatkan pembangunan di desa, yang pada saat itu ia gagas dengan membuat dan mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Menurut saya salah satu cara untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, maka kita harus menciptakan lapangan kerja bagi mereka. Sehingga mereka mempunyai penghasilan masing-masing, maka masyarakat nantinya mampu untuk hidup mandiri dengan ekonomi yang terus meningkat. Salah satu usaha yang kami gagas saat itu adalah budi daya ternak unggas (ayam KUB) yang saat itu sesuai dengan peluang pasar didaerah tersebut. Hal-hal semacam ini terlihat kecil namun memiliki pengaruh yang besar dalam pembangunan dan pengembangan desa,” jelasnya.

Sosok Erman yang notabene adalah putra asli Tetenggabo, jelas tak asing lagi bagi masyarakat Desa Tetenggabo. Pria kelahiran 02 November 1990 ini sejak mahasiswa telah aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas di Universitas Muhammadiyah Kendari dan juga menjadi anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Sejak 2 tahun terakhir ini Erman juga mengabdikan dirinya pada pemerintah desa Tetenggabo sebagai KAUR Administrasi (Perencanaan).

Seperti hasil pengumuman panitia Pilkades kabupaten, Desa Tetenggabo diikuti 3 calon, dari 3 calon tersebut Erman, S.Pd. yang merupakan calon Kepala Desa dengan nomor urut 1, yang maju pada saat ini mendapatkan amanah dari warga dan tokoh masyarakat karena dengan jiwa muda serta usianya yang masih produktif memiliki inisiatif untuk membangun dan memajukan Desa Tetenggabo untuk lebih sejahtera bagi desa dan masyarakat desa dalam 6 tahun kedepan.

Calon Kepala Desa Tetenggabo itu, sudah siap mengemban tugas sebagai abdi masyarakat, sebab kini ia dipercaya untuk maju mencalonkan diri menjadi Kepala Desa Tetenggabo.

Pria berdarah Tolaki-Tiworo ini, diminta oleh sebagian besar tokoh masyarakat, tokoh pemuda di desa Tetenggabo, Kec. Sabulakoa Kabupaten Konawe Selatan untuk maju di Pilkades serentak pada 22 Mei 2022 ini.

Pria yang akrab disapa “Ere” ini bersedia maju menjadi calon Kepala Desa Tetenggabo atas dorongan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan sebagian besar warga desa Tetenggabo. Serta niat untuk meberikan perubahan yang lebih baik lagi untuk kemajuan Desa Tetenggabo.

“saya ikut dalam pencalonan Kades semata-mata atas dorongan para tokoh dan masyarakat, karena dorongan para orang tua (tokoh masyarakat) dan warga maka saya harus siap ikut maju di Pilkades ini. Artinya, saya telah dipercaya untuk mengabdikan diri dan membangun kampung halaman saya yaitu Desa Tetenggabo tercinta. Tentunya dengan dorongan dan dukungan warga, bila nantinya diamanahkan menjadi Kepala Desa, saya akan mengajak seluruh masyarakat Desa Tetenggabo untuk bahu membahu membangun Desa Tetenggabo ini,” terangnya.

Dengan pengalaman kerja dan pengalaman-pengalaman organisasi, didukung dengan pendamping (Istri) yang juga penuh dengan berbagai macam pengalaman dalam bidang pendidikan, sosial, dan budaya.

Istri dari calon Kepala Desa Tetenggabo ini bernama Suriana, S.Pd, yang lahir di Baula 11 Januari 1989 ini selain aktif dalam organisasi BEM Fakultas saat duduk dibangku perkuliahan, wanita ini juga banyak bergabung dalam organisasi maupun komunitas-komunitas sukarelawan (Volunteer) baik dalam bidang pendidikan, social maupun budaya, seperti bergabung sebagai Volunteer pada komunitas nasional Youthful.Sosial, dimana komunitas ini digagas oleh putra-putri bangsa dari berbagai Provinsi di Indonesia dan bekerjasama dengan kedutaan Australia (Australia Embassy) di Jakarta untuk membangun pemahaman lintas budaya baik itu antar Provinsi di Indonesia Maupun antar Negara.

Selain itu, wanita yang akrab disapa Anna ini juga pernah berpartisipasi sebagai connector (Penghubung) antara Indonesia dalam hal ini Kendari, Sulawesi Tenggara dengan Filipina untuk mengadakan kegiatan pertukaran budaya (Cultural Exchange Event) Indonesia-Philipine, dengan melibatkan berbagai macam komunitas dan organisasi, serta beberapa kampus yang ada di Kota Kendari.

Calon ibu PKK Desa Tetenggabo ini, juga adalah alumni dari Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Provinsi Sulawesi Tenggara, yang mana ENJ ini adalah salah satu program pengabdian masyarakat dari Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim). Hingga saat ini juga masih menjadi anggota dalam organisasi Nasional yaitu Rintara Jaya Nusantara. Dimana, organisasi ini didirikan oleh alumni ENJ Nusantara untuk tetap melanjutkan aksi nyata pada pengabdian terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan, Sosial, dan budaya.

Dengan berbagai pengalaman berorganisasi dan pengabdian masyarakat yang telah dijalani dan diemban pasangan Calon Kepala Desa Tetenggabo ini, tidak diragukan lagi kemampuan mereka membangun desa tetenggabo nantinya menjadi desa yang Maju, Mandiri, Sehat, Sejahtera dengan landasan Iman dan Taqwa.

Selamat melaksanakan pesta demokrasi, jadikan pemilihan Kepala Desa Tetenggabo yang aman, damai dan sejuk, dan jangan lupa hari Minggu, 22 Mei 2022. Gunakan Hak Pilih Anda dengan Cerdas dan Bermartabat. (**)

Artikel ini telah dibaca 167 kali

Baca Lainnya

125 Bibit Kopi Robusta Hiasi Kawasan Family Farming

14 Juli 2021 - 07:18 WITA

Koordinasi Persiapan Panen Raya

10 Juli 2021 - 07:01 WITA

Demplot Pengembangan VUB Padi Sawah Khusus dan VUB Padi Sawah Spesifik Lokasi

15 April 2021 - 13:56 WITA

Trending di Konawe
error: Content is protected !!