Menu

Mode Gelap

Terbaru · 24 Mei 2018 02:08

DKP WAKATOBI DORONG PRODUKTIFITAS PETANI RUMPUT LAUT


 DKP WAKATOBI DORONG PRODUKTIFITAS PETANI RUMPUT LAUT Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Dianggap memilili nilai ekonomis bagi masyarakat, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wakatobi (DKP Wakatobi), menilai pentingnya mendorong produktifitas petani rumput laut, sehingga bisa menjadi salah satu komoditas unggulan di Wakatobi.

Ditemui di ruang kerjanya (Rabu,23/5), Oktawinus, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Wakatobi menyebutkan, pentingnya mendorong produksi rumput laut ini dikarenakan potensi usaha rumput laut memiliki nilai indrustri yang cukup baik. Ini tentunya bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah melaui, peningkatan kesejahteraan petani rumput laut.

Saat ini petani rumput laut, khususnya di Liya, harus tetap didorong sebagai pelaku usaha budidaya rumput laut, tentunya dengan mengidentifikasi kendala yang dihadapi petani dalam meningkatkan produksinya. Misalnya produktifitas rumput laut jenis Kotoni yang sudah mulai menurun.

“Menurunnya produksi Rumput laut jenis kotoni disebabkan tidak adanya regenerasi bibit rumput laut. Jika bibitnya didatangkan dari luar, tentu akan menjadi salah satu pemicu pertumbuhan rumput laut. Karena itu kedepanya DKP akan mengintervensi melalui pengadaan bibit,” kata Oktawinus.

Baca juga :   Bangun PN Wangi-Wangi, Pemda Wakatobi Hibahkan Lahan

Disisi lain DKP Wakatobi juga gencar melakukan pelatihan peningkatan kapasitas petani rumput laut, utamanya di daerah-daerah budidaya. Pelatihan itu dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan petani dalam upaya peningkatan produksi rumput laut, pengelolaannya yang ramah lingkungan, serta memberikan pemahaman petani tentang penanganan hama dan penyakitnya.

Lebih lanjut Oktawinus berharap, jika produksi rumput laut meningkat, potensi budidaya rumput laut itu bisa dikembangkan menjadi ajang wisata, misalnya dengan mengadakan panen raya yang dihadiri wisatawan.

“Saya berharap nantinya Pemda dan seluruh stakeholder bisa diundang petani untuk melakukan panen raya. Ini tentu bisa menarik wisatawan jika dikemas dengan baik,” tutup Oktawinus. (Man)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru