Menu

Mode Gelap

Terbaru · 12 Sep 2018 04:08

DKP Wakatobi Kembali Serahkan Bantuan Kapal Nelayan


 Bupati Wakatobi Arhawi (Kiri) bersama Kepala DKP Wakatobi Oktawinus (Tengah) meninjau kondisi kapal sebelum diserahkan kepada nelayan. Perbesar

Bupati Wakatobi Arhawi (Kiri) bersama Kepala DKP Wakatobi Oktawinus (Tengah) meninjau kondisi kapal sebelum diserahkan kepada nelayan.

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kembali menyalurkan bantuan bagi sejumlah nelayan di Wakatobi. Bantuan berupa 32 Unit Kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu, diserahkan melalui Koperasi Nelayan binaan DKP Wakatobi.

Ditemui usai penyerahan Bantuan di Desa Koroe Onowa Kecamatan Wangi-wangi, Oktawinus Kepala DKP Wakatobi menyebutkan untuk tahap awal, DKP Wakatobi baru menyalurkan 20 unit Kapal Nelayan kapasitas 3 Gross Ton (GT) dilengkapi mesin. Sementara 12 Unit kapal akan diserahkan akhir September.

“Ini merupakan komitmen KKP melaui Diretorat Jenderal perikanan Tangkap (DJPT), kami mengapresiasi perhatian dan bimbingan Ibu Menteri Susi dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan di Wakatobi,” puji Oktawinus.

Dijelaskan Oktawinus, konsep acara ini cukup unik, dirinya bersama staf DKP Wakatobi sengaja mengemas penyerahan bantuan kapal nelayan di salah satu pantai. Ini demi mengingatkan bahwa pantai dan laut adalah tempat yang nyaman bagi nelayan, karena masa depan Anak Cucu kita ada pada potensi kelautan dan perikanan.

“Mereka (Nelayan) tumbuh dan berkembang di sana, kebersihan pantai dan laut menjadi tanggung jawab bersama, nelayan harus menjadi teladan sebagai komunitas pencinta lingkungan, khususnya dalam menjaga dan melestarikan laut Wakatobi. Kita Harus bangga jadi Nelayan,” kata Oktawinus.

Baca juga :   Gubernur Ali Mazi Kunjungi Rumah Produksi Ikan Asap Tuna di Kota Baubau

Lebih lanjut, kata Oktawinus, geliat pengembangan perikanan ini sejalan dengan berbagai DJPT KKP, DKP dan Bupati Wakatobi Arhawi untuk meningkatkan pendapatan dan mewujudkan kesejahteraan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan di Wakatobi.

“Ada pengembangam Budidaya Rumput laut pada sentra Produksi di Wilayah Liya Raya dan Pulau Kaledupa, ada TPI Tomia juga akan beroperasi tahun ini. Belum lagi infrastruktur pendukung lainnya. Ini bentuk penghargaan dan kecintaan kami kepada nelayan. Mereka pahlawan protein untuk negeri ini,” tutup Oktawinus.

Ditempat yang sama, Bupati Wakatobi Arhawi berharap agar Nelayan penerima bantuan dapat memanfaatkan sarana prasarana kapal tersebut dengan baik. Hal ini sejalan dengan harapan dan cita-cita Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan.

“Gunakan bantuan Kapal dengan bijak, karena ditangan saudara nasib dan harapan nelayan lainnya diletakkan. Semoga di masa mendatang perhatian dan bantuan pemerintah pusat khususnya KKP bisa di tingkatkan lagi,” kata Arhawi.

Disamping itu, mengingat Wakatobi sebagai Kawasan Destinasi Pariwisata Nasional, Bupati Wakatobi Arhawi kembali meminta nelayan lebih bijak menjaga kelestarian dan keindahan perairan Wakatobi.

Baca juga :   Jadi Bupati Itu Sederhana, Lakukan Yang Terbaik, Jangan Memfitnah, Jangan Jual Mimpi

“Jadilah nelayan yang cerdas dan peduli lingkungan, jangan biarkan sampah berserakan di Laut Wakatobi. Laut kita begitu indah, laut adalah masa depan kita semua,” pesan Arhawi. (Man)

Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru