Menu

Mode Gelap

Terbaru · 24 Feb 2020 15:44 WITA

Gelar Bimtek Simulasi Akreditasi Institusi, USN Kolaka Target Hasil Maksimal APT


 Tim Akreditasi USN Kolaka bersama Pemateri Bimbingan Teknis Akreditasi di Ruang Rapat Rektorat USN Kolaka Perbesar

Tim Akreditasi USN Kolaka bersama Pemateri Bimbingan Teknis Akreditasi di Ruang Rapat Rektorat USN Kolaka

SULTRAKITA.COM, KOLAKA — Akreditasi kampus menjadi hal mendasar dalam upaya membangun sebuah universitas yang bereputasi tinggi. Memahami kondisi tersebut, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka sebagai PTNB mengajukan diri untuk diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapun salah satu langkah yang ditempuh adalah mengadakan Bimtek II simulasi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), yang dilaksanakan Senin (24/2/2020) di Ruang Rapat lantai 2 Rektorat USN Kolaka.

Hal senada diungkapkan WR I USN Kolaka Prof. Ruslin Hadanu. Menurutnya, USN Kolaka sangat antusias dengan akreditasi perguruan tinggi ini. “Sudah sekira 7 bulan kita bekerja dalam menyiapkan borang akreditasi institusi. Mulai dari konsolidasi internal, meminta pembinaan dari Kemenristekdikti, hingga peningkatan SDM dan sarana prasarana. Dari usaha-usaha tersebut, kita mengharapkan USN Kolaka dapat memeroleh predikat akreditasi Sangat Baik. Adapun jika hasilnya berupa predikat Baik, itu juga sudah maksimal karena sistem akreditasi ini merupakan proses yang berkelanjutan, dan USN Kolaka akan terus berbenah” ujar Prof. Ruslin.

Perlu diketahui bahwa status atau predikat akreditasi, yang semula menggunakan predikat A, B dan C, saat ini telah disesuaikan dengan penggunaan predikat Unggul, Sangat Baik dan Baik.

Ketua tim akreditasi USN Kolaka, Roslina, S.S., M.Hum mengakui bahwa apa yang sedang diusahakan USN sebagai sinyal bahwa USN Kolaka peduli pada kualitas. “Hal ini sesuai arahan bapak Rektor (Dr. Azhari, red) bahwa Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ini merupakan perwujudan komitmen USN Kolaka, terhadap penjaminan mutu institusi guna mendukung pencapaian visi USN Kolaka pada 2039 mendatang,” imbuh Roslina.

Sementara itu, Dekan FISIP USN Kolaka, Nursamsir, S.E., M.Si. menyatakan, USN sudah maksimal bekerja dalam mempersiapkan akreditasi. “Saya kira perjuangan teman-teman panitia sudah luar biasa, namun ada beberapa catatan pada dokumen formal yang perlu dilihat lagi,” paparnya.

Senada dengan Nursamsir, Dekan FKIP Dr. Nur Ihsan Hl., M.Hum menyatakan, USN sudah siap diakreditasi. “SDM USN Kolaka sudah siap menghadapi akreditasi institusi, sarana dan prasarana juga sudah cukup memadai, termasuk kriteria-kriteria akreditasi yang lain sudah baik. Dan yang perlu digenjot lagi yaitu akreditasi prodi-prodi baru di USN,” ujar Nur Ihsan.

Prof. Dr. Ir. Mursalim selaku salah seorang pemateri Bimtek, melihat bahwa USN Kolaka sangat serius mempersiapkan akreditasi institusi ini. “USN sudah siap, tinggal memperbaiki sedikit data dan mempersiapkan dokumen pendukungnya. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah akreditasi di tingkat program studi. Harapan saya USN sudah bisa mendapat akreditasi Baik,” tutup Ketua Dewan Profesor Indonesia itu. (red)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Asrun Lio Jabat Plh Sekda Sultra

6 April 2022 - 19:21 WITA

Jadwal Kapal Tertunda, Penumpang Cantika Lestari 8F Demo KSOP Kendari

10 Maret 2022 - 22:58 WITA

1.117 Napi Beragama Hindu dapat Remisi

3 Maret 2022 - 15:18 WITA

Pelatihan Pengambilan Sampel PCR Covid-19 Digelar Dinkes Kolaka

16 Februari 2022 - 15:07 WITA

Sekda Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemda Kolaka

2 Februari 2022 - 15:21 WITA

Muna Barat Jalin Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian

2 Juli 2021 - 07:11 WITA

Trending di Terbaru
error: Content is protected !!