Menu

Mode Gelap

Wakatobi · 30 Mei 2021 10:24

Generasi Tomia Wakatobi Gelar Event Tahunan


 Generasi Tomia Wakatobi Gelar Event Tahunan Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI — Event antar individu dan kelompok yang digelar setiap tahun sebagai wadah penguat kolaborasi ahir pekan dengan tema-tema menarik yang diinisiasi oleh komunitas KATUTURA Art and Culture asal pulau Tomia yang dimana komunitas ini terbentuk sejak tahun 2015.

Event ‘Ahir Pekan’ perdana dimulai tahun 2018 hingga bertahan sampai saat ini. Ahir Pekan 2021 ini digelar di kedai kopi Friend Zone tepatnya di bukit Waruu (puncak Tomia), Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi dengan agenda Talk Show yang mengangkat topik “Tomia Menuju Krisis Air Bersih” bersama Marwan Upi (pendiri Taman Baca Antopulu) dan Nina Nurrahmah (salah satu penulis di Tomia) dengan topik “Stop Searching For Your Passion”.

Salah satu anggota pelaksana event Ahir Pekan Bersama Sahabat Katutura, Amin Ansari (30 tahun) mengucapkan terimakasih kepada seluruh teman-teman yang terlibat hingga berjalan dengan baik kegiatan tersebut.

“Khususnya pemateri Talk Show oleh Marwan Upi dan Nina Nurrahmah yang sudah ke dua kalinya menyempatkan waktu mensukseskan event tahunan ini yang cukup memberi banyak poin-poin positif demi peningkatan solidaritas serta kualitas pemuda-pemudi khususnya pulau Tomia,” tutur Amin Ansari (pendiri LELEKO Studio Desain Grafis) saat dikonfirmasi.

Baca juga :   Buka Gerai Vaksinasi, Polres Wakatobi Pastikan Stok Vaksin Tersedia

Talk Show dalam topik “Tomia Menuju Krisis Air Bersih” oleh Marwan Upi yang digelar pada Jumat 28 Mei 2021 mulai pukul 16.30 sampai pukul 22.30 yang mengajak kepada perhatian serius persoalan air bersih.

“Seperti kurangnya volume air dari tahun ke tahun, peningkatan pemakai bertambah, aliran air tidak lagi 24 jam, kualitas air yang berzat kapur serta perlindungan lingkungan untuk kualitas air sangat minim yakni, tidak adanya mekanisme pembangunan penduduk dibatasi dengan radius tertentu atau pemerintah memberikan sifat kompensasi bagi pemilik tanah. Ini untuk kualitas air bersih jangka panjang dan juga pepohonan semakin berkurang serta penyebaran sampah plastik semakin bertambah,” bebernya.

Sedangkan Talk Show pada topik “Stop Searching For Your Passion” oleh Nina Nurrahma yang digelar pada hari Sabtu 29 Mei 2021, pukul 16.30 sampai pukul 22.30 yang menjelaskan bahwa ketika seseorang memiliki passion dalam diri, mereka akan dihantui oleh rasa penasaran, kadangkala itu bikin stress, overthinking soal masa depan.

“Yang paling penting adalah tujuan kamu dan seringlah bertanya kepada dirimu sendiri agar bisa mendapatkan titik kenyamanan lewat ikigai dengan menggabungkan mission, vocation, profession hingga passion yakni, kamu suka dengan apa yang kamu kerjakan, dunia membutuhkan yang kamu kerjakan, dunia membayar kamu dengan sesuai pekerjaanmu dan kamu ahli dibidang pekerjaan itu,” ujar Nina.

Baca juga :   Alumni SMPN 1 Tomia Bakal Gelar Khitanan Massal Gratis

Event tahunan ini diperkuat dengan semangat solidaritas bertindak dan berkarya serta semangat kolaborasi antar individu maupun kelompok. Selain Talk Show, generasi Tomia menampilkan karyanya seperti Pameran Desain Grafis, Live Mural, karya Musik, Baca Puisi, Lapak Gembira dan juga dimeriahkan live Akustik yang disuport oleh KATUTURA Art and Culture, LELEKO Studio Desain Grafis, HEDONGKA PROJECT, KEDAI Katutura, AN (HardWork), HENGGE GALLERY, OMPUTA, Taman Baca Antopulu, Tomia Inggris Club, Porambanga Project (P2) dan SAF/ART distro. (AN)

Artikel ini telah dibaca 115 kali

Baca Lainnya

Anggrek Serat ASR Gelar Baksos Libatkan Warga dan Tiktokers

29 Juni 2024 - 21:51

Hadiri Forum ITIBF KKP RI, Haliana Promosikan Produk Tuna Wakatobi

25 Juni 2024 - 23:24

SeaBRnet, Bupati Haliana Ajak Kolaborasi Penanganan Isu Lingkungan

30 April 2024 - 15:51

Penjaringan Ditutup, Lima Bacakada Terdaftar di DPC PDIP Wakatobi

26 April 2024 - 01:37

PKB Wakatobi Buka Pendaftaran Bacakada, Haliana Pendaftar Pertama

25 April 2024 - 20:48

KPU Wakatobi Buka Seleksi Calon Anggota PPK, Ini Jadwalnya

23 April 2024 - 19:40

Trending di Berita Utama