Menu

Mode Gelap

Terbaru · 31 Okt 2020 04:28 WITA

HALO, Membangun Wakatobi Sebagai Kawasan Ekowisata Dunia


 HALO, Membangun Wakatobi Sebagai Kawasan Ekowisata Dunia Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Setelah sukses membangun Infrastruktur Jalan Ibu Kota di Periode Pertama, H Arhawi kembali menggagas Pengembangan Kabupaten Wakatobi sebagai Kawasan Ekowisata Bertaraf Internasional (Dunia).

Ide ini tertuang dalam Visi Misi Pasangan  Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Wakatobi Periode 2021-2026, Nomor Urut 1 (Satu), H Arhawi – H Hardin Laomo (HALO).

Menurut The International Ecotourism Society, Ekowisata adalah perjalanan yang bertanggung jawab ke daerah-daerah alami yang melestarikan lingkungan, menopang kesejahteraan masyarakat setempat, melibatkan interpretasi serta pendidikan lingkungan hidup.

Secara umum Konsep Kawasan Ekowisata merupakan  kawasan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan tiga aspek, yaitu aspek Konservasi Alam, Aspek Pembelajaran dan Pendidikan, serta Aspek Pemberdayaan Sosial Budaya Ekonomi Masyarakat Lokal.

Aspek Konservasi Alam merupakan wisata dengan memperhatikan pelestarian dan perlindungan terhadap lingkungan, mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan di masa yang akan datang, serta aspek manfaat yang bisa didapat mayarakat.

Dalam hal ini, Pariwisata yang berkorelasi positif dengan konservasi berarti memberikan insentif ekonomi yang efektif untuk melestarikan, meningkatkan keanekaragaman hayati dan melindungi warisan alam serta budaya.

Aspek Pembelajaran dan Pendidikan Lingkungan dalam artian kegiatan wisata yang dilakukan harus memperkaya pengalaman dan kesadaran lingkungan melalui interpretasi, mempromosikan pemahaman, serta penghargaan yang utuh terhadap alam, masyarakat dan budaya setempat.

Aspek Pemberdayaan Sosial Budaya Ekonomi Masyarakat Lokal dalam hal meningkatkan kapasitas masyarakat, menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat lokal. Konsep ini dinilai efektif untuk pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mencapai pembangunan secara berkelanjutan.

VISI H ARHAWI – H HARDIN LA OMO ( HALO WAKATOBI )

Calon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Periode 2021-2026 Wakatobi Nomor Urut 1

Pasangan H. Arhawi – H Hardin Laomo (HALO) menggagas Kabupaten Wakatobi sebagai pusat pengembangan wisata masa depan dunia yang mengintegrasikan aktivitas industri Pariwisata dengan sektor pembangunan lainya.

Prinsip pelestarian sumberdaya sebagai suatu atraksi dan daya tarik wisata yang dikelola secara arif dan bijaksana untuk keberlangsungan hidup manusia secara berkelanjutan sehingga memberikan nilai tambah secara ekonomi, sosial dan ekologi.

Menjamin kehidupan hari ini dan kehidupan yang akan datang melalui tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien serta mengakselerasikan pengembangan infrastruktur Yang berpegang teguh pada prinsip pemanfaatan sumber daya alam secara lestari.

Karena itu VISI Pembangunan kabupaten Wakatobi diarahkan untuk mempermudah masyarakat mencapai kesejahteraan melalui pembangunan Kabupaten Wakatobi  sebagai Destinasi Ekowisata yang berdaya saing secara Nasional maupun Global, yakni:  ” WAKATOBI MENJADI PUSAT EKOWISATA DUNIA 2026. “

MISI H ARHAWI – H HARDIN LA OMO (HALO WAKATOBI)

Untuk mencapai cita-cita yang durumuskan dalam Visi tersebut, Pasangan H Arhawi – H Hardin La Omo, merumuskan Tujuh Visi menuju Pembangunan Kabupaten Wakatobi Tahun 2021-2026, yaitu:

Pertama, memantapkan pengembangan kualitas sumber daya manusia, mencakup upaya-upaya terkait pendidikan, kesehatan serta Upaya pengembangan pendidikan sesuai kebutuhan potensi daerah yang mendukung sektor pariwisata.

Kedua, memantapkan pembangunan ekonomi dalam mendukung pariwisata, mencakup upaya peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, memantapkan industri pariwisata berbasis masyarakat, mencakup Upaya pengembangan ekowisata berbasis masyarakat dan lembaga lainnya.

Keempat, mengoptimalkan kualitas pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam yang mencakup upaya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara terpadu dan lestari.

Kelima, memantapkan kualitas dan pemanfaatan infrastruktur, di mana upaya-upaya penyediaan, peningkatn kualitas, pemeliharaan dan pemanfaatan infrastruktur wilayah.

Keenam, Menetapkan tata pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang berkualitas mencakup tata kelola pemerintahan, peningkatan kualitas SDM Aparatur, dan penerapan sistem teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ketujuh, memantapkan kerjasama regional nasional dan internasional, mencakup pemantapan dan tindak lanjut kerja sama dengan lembaga-lembaga regional, nasional dan internasional.

Untuk menjalankan Misinya, Pasangan H Arhawi – H Hardin La Omo akan mengoptimalkan kualitas layanan Pendidikan, dan kesehatan secara merata dan terjangkau bagi masyarakat, dengan sasaran meningkatnya akses dan kualitas layanan Pendidikan Formal dan Non Formal serta meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan. (UH)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Asrun Lio Jabat Plh Sekda Sultra

6 April 2022 - 19:21 WITA

Jadwal Kapal Tertunda, Penumpang Cantika Lestari 8F Demo KSOP Kendari

10 Maret 2022 - 22:58 WITA

1.117 Napi Beragama Hindu dapat Remisi

3 Maret 2022 - 15:18 WITA

Pelatihan Pengambilan Sampel PCR Covid-19 Digelar Dinkes Kolaka

16 Februari 2022 - 15:07 WITA

Sekda Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemda Kolaka

2 Februari 2022 - 15:21 WITA

Muna Barat Jalin Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian

2 Juli 2021 - 07:11 WITA

Trending di Terbaru
error: Content is protected !!