Menu

Mode Gelap

Terbaru · 22 Jan 2018 10:10

Hujjatul Islam Farlianto, Wakili Sultra Jelajahi Nusantara Lewat Kirab Pemuda


 Hujjatul Islam Farlianto, Wakili Sultra Jelajahi Nusantara Lewat Kirab Pemuda Perbesar

Pemuda Tangguh Itu Dari Kolaka

Hidup sehat memang penting dilakukan sejak muda. Selain dengan menjaga pola makan, olahraga juga penting untuk dilakukan. Setidaknya hal inilah yang telah dibuktikan oleh Hujjatul Islam Farlianto, lewat kirab pemuda 2017.

KolakaKita, Kolaka

Untuk menjadi peserta Kirab Pemuda 2017 bukanlah hal mudah. Tentu saja, sebab bukan sembarang remaja yang dapat melakukan hal ini. Peserta Kirab Pemuda ini sebelumnya harus melewati seleksi ketat lebih dulu. Hingga akhirnya terpilihlah satu orang perempuan dan lelaki mewakali 34 provinsi di Indonesia. Kemudian, ada empat orang lagi yang merupakan Organisasi Kepemudaan (OKP), juga satu peserta Kirab Pemuda yang ditunjuk langsung oleh Menpora, Imam Nahrawi.

Tak heran, mereka yang lulus Kirab Pemuda 2017 ini adalah bukan hanya punya stamina kuat, melainkan para pemuda tangguh yang digadang mampu menyebarkan pesan positif.

“Awal saya megikuti program Kemenpora tentang kirab pemuda nusantara 2017, yaitu di media sosial situs kirab pemuda 2017 pada Juli 2017. Didorong rasa keingintahuan, saya ke Dinas Pemuda dan Olahraga Kolaka. Saat itu, kepala Dispora bapak Hasbir Jaya Rasak memberikan copian buku tentang pedoman pelaksanan kirab pemuda nusantara 2017, untuk dibaca dengan harapan dapat lebih mengerti maksud dan tujuan kegiatan tersebut. Berawal dari itu saya dinyatakan lulus seleksi dan mewakili Sultra, untuk mengikuti kirab pemuda 2017 bersama Nanda Nur Ariska yang juga dari Kolaka,” ujar Atul sapaan akrab Hujjatul Islam Farlianto.

Baca juga :   Sambut Tim Penilai P2WKSS, Arhawi Puji Kinerja Tim Penggerak PKK Wakatobi

Setelah bergabung bersama Kirab dan menjelajahi Indonesia, pria kelahiran Kolaka 15 September 1999 ini juga mengatakan banyak pengalaman baru yang didapatkannya. Salah satunya dalam merangkul setiap pemuda di daerah yang disinggahinya, dengan memberikan beberapa kegiatan yang bertujuan mempersatukan keberagaman yang ada.

Terlebih lagi jika melihat kondisi bernegara kekinian, tentu pemuda Indonesia tidak bisa tinggal diam saja, sejarah membuktikan, peran pemuda dalam mendirikan negara Indonesia amatlah penting. Tanpa peran pemuda mustahil proklamasi dikumandangkan. Apalagi menurut Atul, kegiatan pemersatu seperti kirab pemuda nusantara yang merupakan kegiatan untuk napak tilas kebhinekaan Indonesia, penguatan jati diri pemuda Indonesia, peningkatan kreativitas dan kapasitas pemuda, penting untuk dilakukan dengan mengusung slogan kebhinekaan, kebebasan, persamaan, persaudaraan, persatuan dan kreativitas.

“Untuk itulah Kementerian Pemuda dan Olahraga, menyelenggarakan kegiatan Kirab Pemuda, sebagai wahana mewujudkan khebhinekaan Indonesia. Kirab pemuda nusantara adalah pawai (perjalanan napak tilas) kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh warga berusia 16-30 tahun dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif dan tak terlupakan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi saran tepat untuk memfasilitasi pemuda agar dapat mennigkatkan kreativitas, kapsitas, kemandirian, daya saing dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membagun bangsa, menjaga khebhinekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Baca juga :   Kejari Wangiwangi Teken MoU Bersama OPD lingkup Pemda Wakatobi

Atul juga menjelaskan soal nilai-nilai positif yang diusung dari pelaksanaan Kirab Pemuda ini, yakni menyapa dan menyentuh masyarakat hingga lapisan wilayah terluar Indonesia.
“Apa pun yang ada di negeri ini harus kita selamatkan. Kebudayaan, tradisi dan apa pun. Karena kita ini tumbuh dan berkembang di tanah air Indonesia tercinta,” imbuhnya. (bersambung)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Tim Penilai PKK Koltim Lakukan Penilaian di Desa Lalosingi

14 Juni 2024 - 22:27

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

Trending di Terbaru