Menu

Mode Gelap

Berita Utama ยท 15 Mar 2022 17:12 WITA

HUT ke-54 SMKN 1 Kolaka, Kadikbud Sultra Launching Kartu Digital Siswa


 HUT ke-54 SMKN 1 Kolaka, Kadikbud Sultra Launching Kartu Digital Siswa Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA –Memperingati hari jadi ke -54 Tahun SMKN 1 Kabupaten Kolaka, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD melakukan launching kartu digital siswa, Selasa (15/3) di Kabupaten Kolaka.

Selain launching, dalam peringatan HUT SMKN 1 Kabupaten Kolaka itu juga digelar kegiatan ekspo yang memuat hasil karya siswa serta sosialisasi pembentukan Dharma Wanita Dikbud Sultra di Kolaka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD mengatakan, kartu digital siswa tersebut merupakan salah satu inovasi yang dilakukan, dalam rangka mempercepat serta mempermudah pencatatan atau monitoring kegiatan administrasi absensi siswa di sekolah.

“Kita masih dalam situasi pandemi sehingga kartu digital siswa ini merupakan salah satu paket solusi dari satuan pendidikan saat melaksanakan proses pembelajaran. Kartu digital siswa memiliki manfaat cukup besar dalam pengaplikasian absensi modern. Selain guru, orang tua pun bisa melihat absensi anaknya secara real time sehingga sangat mudah untuk dikontrol,” tutur akademisi asal Moronene Bombana ini.

Kadikbud Sultra saat memotong tumpen, dalam HUT SMKN 1 Kolaka

Orang nomor satu di jajaran Dikbud Sultra ini menerangkan, kunjungan ke Kabupaten Kolaka itu juga masih dalam rangkaian kunjungan kerja, guna melakukan monitoring dan evaluasi secara langsung ke lapangan.

“Memajukan kualitas pendidikan di Sultra, tidak cukup hanya dengan penambahan tenaga pendidik semata, pemberian insentif, dan memeratakan penyebarannya, namun juga dari segi penyediaan sarana prasara sekolah yang memadai, termasuk membangun jalur komunikasi yang baik dengan para pelaksana pendidikan di setiap satuan pendidikan termasuk SMA, SMK, dan sekolah luar biasa yang ada di Kabupaten Kolaka,” ucap pria lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini.

Dalam kunjungan itu juga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD secara langsung melakukan tatap muka bersama seluruh warga sekolah, diantaranya para dewan guru baik PNS maupun guru tetap Non PNS dan siswa, guna memberikan motivasi dalam peningkatan penyelenggaran pendidikan di satuan pendidikan masing-masing.

Termasuk kepada para siswa untuk bersemangat dan berlomba-lomba meraih sumber-sumber beasiswa yang tersedia diantaranya beasiswa Sampoerna, tentunya melalui motivasi belajar tinggi serta kemauan kuat untuk maju.

“Melalui kunjungan ini juga kita bisa melihat secara langsung kondisi pembelajaran yang ada di satuan pendidikan karena salah satu visi misi Gubernur Sultra yakni Sultra Cerdas maka Dikbud Sultra memiliki peran untuk ambil andil dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, berkualitas, dan tanpa diskriminasi, diantaranya secara bertahap melakukan pembangunan terhadap ruang-ruang kelas baru dengan berbagai penunjang lainnya, baik yang ada di daratan maupun kepulauan,” ucap mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini menambahkan, oleh sebab itu Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaannya terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sultra, mulai dari peningkatan sarana prasarana, pembenahan sistem pelayananl melalui Proper Perau Gadik, hingga pemberian motivasi secara langsung kepada para tenaga pendidik maupun siswa hingga ke daerah-daerah.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kabupaten Kolaka Abdul Muing mengatakan, launching kartu digital siswa tersebut tentunya mendapat sambutan baik dari seluruh warga sekolah, terlebih pada orang tua sebab lebih mudah mengetahui kehadiran anaknya.

“Kartu digital siswa ini cukup efektif dalam melakukan absensi yang lebih modern. Terlebih para orang tua, setelah mengunduh aplikasinya maka bisa mengetahui jam masuk, keterlambatan, atau absensi anaknya,” tambahnya.(ikl)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Komitmen PT Vale Jalankan CSR Diapresiasi Bupati Morowali

20 Mei 2022 - 21:54 WITA

Hadir di Career Expo, Stand PT Vale Diminati Pencari Kerja

20 Mei 2022 - 00:06 WITA

Rapat Forum MSG EITI Indonesia di Yogyakarta, Sultra Usulkan Dua Isu Penting

19 Mei 2022 - 14:05 WITA

Calon Sekda Pemkot Kendari Tunggu Rekomendasi KASN

18 Mei 2022 - 17:45 WITA

Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD

866 Peserta Ikut UTBK SBMPTN USN

18 Mei 2022 - 11:43 WITA

BPS Mulai Lakukan SP2020 Lanjutan

17 Mei 2022 - 14:56 WITA

Trending di Berita Utama
error: Content is protected !!