Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 17 Mar 2024 19:38

Mahasiswa KKN UHO Berbagi Ilmu Pembuatan VCO dan Pupuk Organik


 Mahasiswa KKN UHO Berbagi Ilmu Pembuatan VCO dan Pupuk Organik Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI — Sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dibidang pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kepada Masyarakat.

Pada Pelatihan yang digelar di Desa Posalu Kecamatan Wangi-wangi, Minggu (17/3) itu, sejumlah Mahasiswa KKN UHO berbagi Ilmu pembuatan Minyak VCO dan Pupuk Organik.

Koordinator Desa (Kordes) Reguler Desa KKN UHO, Iwan Setiawan mengatakan, penentuan jenis pelatihan tersebut didasarkan pada potensi dan kondisi alam di Desa Posalu.

“Kami melihat ada banyak pohon kelapa disini. Selain itu banyak sekali bambu yang daunnya berserakan yang dapat difungsikan menjadi kompos tanaman,” kata Iwan saat memberikan sambutan pada pembukaan acara, Minggu (17/03) di Aula Kantor Desa.

Sementara itu, Kadek Natalia, salah seorang anggota mahasiswi KKN Reguler Desa Posalu menjelaskan, berdasarkan kandungannya, minyak VCO dapat pula dikatakan sebagai minyak herbal, dimana diantara manfaatnya ialah dapat menyehatkan jantung dan menghaluskan kulit.

Ditempat yang sama, Abdul Ganiru selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) wilayah Kecamatan Wangi-wangi mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan bernuansa alam tersebut.

Baca juga :   Galakkan Minat Baca Ditengah Pandemi

Ia menyampaikan, dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN, masyarakat desa bisa menyadari bahwa daun yang selama ini berserakan di jalan memiliki manfaat bagi tanaman jika diolah.

“Daun bambu ini biasanya disapu saja lalu dibakar. Tapi dengan adanya kegiatan pemahaman pupuk organik ini, saya yakin masyarakat akan mengolahnya menjadi produktif,” kata Abdul Ganiru.

“Begitupun minyak VCO ini, kita bisa tahu proses pembuatan minyak yang tidak perlu banyak prosesnya,” tambahnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Posalu, La Diana menyampaikan agar mahasiswa UHO bisa melakukan kegiatan lainnya lagi untuk menambah keterampilan masyarakat.

Harapnya, UHO melalui KKN berikutnya pun kembali memilih Wakatobi sebagai tempat untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu mahasiswanya. (Man)

Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya

SMP Islam Athirah Bone Gelar Drama Musikal di MPLS

16 Juli 2024 - 11:25

USN Kolaka Loloskan Dua Mahasiswa pada Seleksi Ajang Talenta Nasional KDMI 2024

30 Juni 2024 - 08:11

Program Pendidikan Kesetaraan PT Vale IGP Morowali Tiba di Tahap Ujian Akhir

28 Mei 2024 - 13:17

PT Vale Kolaborasi untuk Pendidikan Berkualitas di Loeha Raya

24 Mei 2024 - 14:30

Gelar Bimbingan Belajar, PT Vale Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Generasi Muda Loeha Raya

10 Mei 2024 - 10:11

Pembukaan dan Pelepasan Peserta Bimbingan Masuk Perguruan Tinggi-Aula Kantor Camat Towuti

Boarding School Athirah Bone, Wujudkan Sekolah Berkualitas International

7 Mei 2024 - 21:00

Trending di Berita Utama