Menu

Mode Gelap

Terbaru · 1 Jul 2020 03:55 WITA

New Normal, Wakatobi Kembali Buka Akses Pariwisata


 New Normal, Wakatobi Kembali Buka Akses Pariwisata Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKTOBI – Menyusul rencana penerapan era Kenormalan Baru (New Normal), akses Sektor Pariwisata Wakatobi kembali dibuka untuk kunjungan Wisatawan Lokal maupun Mancanegara.

Nadar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi menyebutkan, Re-Aktivasi (Pembukaan kembali) sektor Pariwisata sesuai Surat Edaran Bupati Wakatobi Nomor 443.1/502/VI/2020 tentang Protokol Kesehatan Sektor Usaha Pariwisata Wakatobi pada masa New Normal.

Spesifiknya, Surat Edaran Bupati mengatur tentang Protokol Kesehatan di 11 Subsektor Pariwisata Wakatobi, tahapan pemberlakuan new normal di sektor pariwisata, serta pengendalian, pengawasan dan Penegakan aturannya.

Lanjut Nadar untuk kunjungan Wisatawan, secara umum surat edaran mengatur dan berlaku bagi semua wisatawan baik domestik maupun mancanegara, namun untuk tahap awal di era New Normal yang menjadi prioritas adalah wisatawan domestik.

Hal ini mengingat situasi Global Pandemi Covid-19. Meski mulai membaik, namun untuk wisatawan mancanegara masih butuh waktu, karena ada kebijakan berbeda dari masing-masing negara, kebanyakan dari wisatawan juga tentunya belum terlalu bebas melakukan perjalan.

” Kita bicara wisatawan (Domestik) itu dalam arti luas bukan hanya orang perorang atau masyarakat atau swasta saja, tetapi juga termasuk kegiatan pemerintahan pusat. Dalam arti mungkin ada Kementerian, BUMN, Perusahaan yang mungkin akan melakukan kegiatanatau kunjungan kerja ke wakatobi, ” kata Nadar saat dikonfirmasi, Selasa (30/06).

Lebih lanjut Nadar berharap, meski Subsektor pariwisata telah dibuka untuk bisa produktif kembali, namun faktor keamanan dan kesehatan harus tetap dipastikan, karena itu pemberlakuan protokol kesehatan sesuai amanah Surat Edaran Bupati Wakatobi menjadi sesuatu yang wajib diterapkan oleh pelaku usaha.

” Saya kira untuk menjawab dan mengantisipasi itu semua, saat ini kita sudah perlu mempersiapkan agar dunia usaha kita, pelaku usaha pariwisata kita sudah bisa beradaptasi, menyesuaikan persiapan mereka untuk penerapan protokol kesehatan new normal dalam melaksanakan pelayanan kepada wisatawan, ” tutupnya.  (Man)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Asrun Lio Jabat Plh Sekda Sultra

6 April 2022 - 19:21 WITA

Jadwal Kapal Tertunda, Penumpang Cantika Lestari 8F Demo KSOP Kendari

10 Maret 2022 - 22:58 WITA

1.117 Napi Beragama Hindu dapat Remisi

3 Maret 2022 - 15:18 WITA

Pelatihan Pengambilan Sampel PCR Covid-19 Digelar Dinkes Kolaka

16 Februari 2022 - 15:07 WITA

Sekda Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemda Kolaka

2 Februari 2022 - 15:21 WITA

Muna Barat Jalin Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian

2 Juli 2021 - 07:11 WITA

Trending di Terbaru
error: Content is protected !!