Pemkab Busel Gelontorkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Lansia

0
263

SULTRAKITA.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menggeliatkan kehidupan ekonomi masyarakatnya. Salah satunya dengan menggelontorkan bantuan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi masyarakat lanjut usia (Lansia) se-Busel.

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat lansia penerima manfaat di lima kecamatan. Diantaranya Kecamatan Siompu Barat, Siompu, Kadatua, Batauga, dan Sampolawa yang diserahkan Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani diwakili Kepala Dinas Sosial Buton Selatan, La Ode Taatlan, Minggu (14/2/2021).

Kepala Dinas Sosial Buton Selatan, La Ode Taatlan merincikan, di Kecamatan Siompu barat bantuan yang diberikan berupa usaha peternakan ayam. Jumlah bantuan sebanyak 66 ekor.

Di Kecamatan Siompu diberikan bantuan usaha gorengan. Bantuan berupa alat-alat penggorengan seperti, kompor hock, wajan, wadah tempat kue, sutil, dan lain-lain.

Selanjutnya nanti akan dilanjutkan Minggu ini di Kecamatan Kadatua berupa usaha peternakan ayam dengan bantuan sebanyak 55 ekor. Di kecamatan Batauga berupa usaha peternakan ayam dan kambing dengan jumlah bantuan 55 ekor ayam dan 6 ekor kambing.

Terakhir di Kecamatan Sampolawa terdapat tiga jenis bantuan usaha. Berupa peternakan ayam dengan jumlah 33 ekor, bantuan pertukangan dan gorengan.

Kata dia, penerima bantuan sosial ini adalah mereka yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai salah satu syarat penerima bantuan sosial. Dengan begitu, bantuan yang diberikan dipastikan tepat sasaran.

“Tujuan dari bansos ini adalah untuk meningkatkan ekonomi keluarga yang kurang mampu agar mereka tetap berproduksi dimasa tuanya dan dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan,” tandasnya.