Menu

Mode Gelap

Terbaru · 20 Apr 2021 04:27

Petani dan Penyuluh Konawe Ikut Bimtek Teknologi Budidaya Padi


 Petani dan Penyuluh Konawe Ikut Bimtek Teknologi Budidaya Padi Perbesar

Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si Koordinator Program dan Evaluasi mewakili Kepala Balitbangtan BPTP Sultra menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBP2TP yang telah memilih Sulawesi Tenggara sebagai salah satu lokasi pelaksanaan Bimtek.

“Harapannya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat memberikan manfaat kepada peserta dalam meningkatkan produktivitas usaha taninya khususnya pada tanaman padi”, kata Muhammad Alwi.

Kepala Dinas Pertanian Kab. Konawe diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan Rahmad Nur, SP menyampaikan rasa syukur dimana Kab. Konawe selalu dipilih oleh Badan Litbang Pertanian sebagai lokasi pelatihan maupun kegiatan lain.

Baca juga :   Cegah Covid 19, Babinsa Desa Baliar Gencar Sosialisasi Prokes

Kami sangat berharap kegiatan ini terus berlanjut karena Konawe merupakan salah satu daerah penghasil beras di Sultra. Ilmu yang diperoleh di kegiatan ini dapat didiseminasikan kepada petani yang lain sehingga dapat mempercepat pembangunan pertanian di Kabupaten Konawe.

Rahmawati mewakili Kepala BBP2TP menyampaikan bahwa terdapat beberapa kegiatan bimtek yang dilaksanakan di beberapa daerah yang dikuatkan dengan komoditas unggulan yang ada di daerah tersebut. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya Bimtek petani milenial, Bimtek perkebunan, hortikultura dan tanaman pangan.

“Tujuan dari kegiatan bimtek ini adalah 1) untuk mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian; 2) untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang inovasi teknologi pertanian; 3) mendapatkan umpan balik dari peserta tentang inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan “, lanjut Rahmawati.

“Di masa pandemi Covid-19 sektor pertanian tetap berproduksi dan memberikan kontribusi yang baik terhadap pendapatan negara, sehingga diharapkan penyuluh sebagai perantara informasi inovasi teknologi Balitbangtan untuk menyebarluaskan kepada petani”, ujar Rahmawati.

Baca juga :   Soal APK Rusak di Buton, Bawaslu : Tak Ada Unsur Kesengajaan

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari BBP2TP Prof. Dr. Ir. Sahardi Mulia, MS memberikan materi tentang teknologi budidaya tanaman padi, kemudian Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Rahmad Nur, SP materi kebijakan pembangunan pertanian dan Peneliti Balitbangtan BPTP Sultra Samrin, SP materi inovasi teknologi budidaya padi organik.

Setelah penyampaian materi kegiatan dengan diskusi dan field trip di lokasi kebun percobaan Wawotobi dengan melihat proses inovasi teknologi budidaya tanaman padi, mulai dari pembibitan, pemupukan, penanaman sampai pada proses panen dan pasca panen.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru