Menu

Mode Gelap

Wakatobi ยท 10 Agu 2021 21:43 WITA

Polres Wakatobi Gelar Pengukuhan Da’i Kamtibmas


 Polres Wakatobi Gelar Pengukuhan Da’i Kamtibmas Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Selasa 10 Agustus 2021, Kepolisian Resor (Polres) Wakatobi menggelar Pengukuhan Da’i Kamtibmas Personil Polres Wakatobi.

Kegiatan yang digelar di Aula Polres ini dihadiri Unsur TNI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Bupati Wakatobi sekaligus dipercaya mengukuhkan Personil Da’i Kamtibmas.

Sebanyak 45 Da’i Kamtibmas yang dikukuhkan, terdiri dari Personil Polres dan Polsek di Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, tomia dan Biningko.

Kapolres Wakatobi, AKBP Suharman Sanusi SIK menuturkan, Da’i Kamtibmas merupakan Program Polri sesuai Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pemolisian Masyarakat (Polmas).

Ini merupakan tugas pokok dan fungsi Sat Binmas yang bertugas melaksanakan pembinaan Masyarakat meliputi kegiatan pemberdayaan Polmas atau Community Policing, serta ketertiban masyarakat.

” Kami wajib melaksanakan perintah dari Bapak Kapolri, tentunya peran Polmas salah satu disitu adalah membentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (PKPM), unsurnya bukan hanya Polri atau Binmas, tetapi Ulama atau Da’i yang ada di Kecamatan, hingga Desa dan Kelurahan, ” kata Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi SIK.

Secara umum tujuan dibentuknya Da’i Kamtibmas adalah untuk untuk membina masyarakat agar patuh Kepada Norma Agama dan juga Norma Hukum, karena itu Polri tidak bisa bergerak sendiri namun harus ada Sinergitas atau kerja sama Kolaborasi antara Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah.

” Ini sudah merupakan pondasi dasar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kemudian yang mendidik akhlak dan moral masyarakat. Kita harus bekerja sama saling kolaborasi tentu muaranya bagaimana keamanan ketertiban masyarakat dapat tercapai situasi yang kondusif, ” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Wakatobi H Haliana mengampresiasi langkah Kapolres Wakatobi membentuk Da’i Kamtibmas.

” Saya sangat bersyukur sekali, (Da’i Kamtibmas) ini telah dicanangkan oleh Kapolres Wakatobi, karena menurut informasi, ini yang pertama kali di Sulawesi Tenggara.” ucapnya.

Ia menilai program Da’i Kamtibmas sejalan dengan Program Pemda Wakatobi di Bidang Keagamaan, yaitu menguatkan Iman dan Takwa.

” Salah satu misi kita adalah bagaimana memperkuat iman dan takwa, kenapa kita lakukan hal ini, kita menyadari bahwa nantinya sering berkembangnya Kabupaten Wakatobi, maka akan masuk juga budaya dari luar, karena itu dengan pola-pola dakwa, dan pendidikan karakter, kita mengiginkan bahwa pengembangan kepribadian sejatinya untuk menciptakan ketangguhan Iman dan jati diri, ” Kata Haliana. (UH)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

24 Pengurus DPD Garnita Malahayati Nasdem Wakatobi Resmi Dilantik

15 Mei 2022 - 09:56 WITA

Tuntut Kejelasan Status Tanah, Warga Tomia Bangun Gazebo di Dalam Bandara Maranggo

8 Mei 2022 - 22:11 WITA

Alumni SMPN 1 Tomia Bakal Gelar Khitanan Massal Gratis

2 Mei 2022 - 12:38 WITA

Fakultas Teknik Mesin Unidayan Baubau Demo Alat TTG di Desa Kahianga Wakatobi

24 Februari 2022 - 09:42 WITA

Mahasiswa Unidayan Gelar Baksos di Benteng Suo-Suo Tomia

22 Februari 2022 - 21:02 WITA

Ratusan Warga Harap Bupati WakatobiTak Ganti Lurah Patipelong

14 Januari 2022 - 20:16 WITA

Trending di Wakatobi
error: Content is protected !!