Menu

Mode Gelap

Terbaru · 26 Mei 2021 06:44

Tingkatkan Pengetahuan Petani, BPTP Sultra Lakukan Bimtek Inovasi Teknologi Pembiitan Komoditas Kakao, Kopi dan Porang


 Tingkatkan Pengetahuan Petani, BPTP Sultra Lakukan Bimtek Inovasi Teknologi Pembiitan Komoditas Kakao, Kopi dan Porang Perbesar

SULTRAKITA.COM, KOLAKA – Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, BPTP Sulawesi Tenggara melakukan Bimtek Inovasi Teknologi Pembiitan Komoditas Kakao, Kopi dan Porang. Kegiatan ini dilaksanakan di BPP Latambaga, Kecamatan Kolaka yang dihadiri oleh Staf Ahli DPR RI Komisi IV dari Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka, Penyuluh BPP Kecamatan Latambaga dan peneliti BPTP Sultra. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari petani kakao dari Kab. Kolaka Utara, petani kopi dari KabupatenbKolaka dan petani porang dari  Kolaka Timur. (Selasa, 25/05/2021)

Kepala BPTP Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha sekaligus Penanggung Jawab Kegiatan. Ir. Yusuf, MSi  menyampaikan, bahwa kegiatan Bimtek Inovasi Teknologi Pembiitan Komoditas Kakao, Kopi dan Porang merupakan awal dari kegiatan yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan menuju pertanian lebih maju mandiri dan modern.

Sementara itu,nKepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka yang diwakili oleh Ir Juhardin, SP, mengatakan, bahwa komoditas unggulan perkebunan yang dikembangkan di  Kolaka dan Kolaka Utara adalah kakao, kelapa dalam, cengkeh, lada dan kopi. Luasan tanaman kopi di  Kolaka 517 ha, namun masih tersebar di beberapa lokasi. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini lokasi perkebunan kopi di Kolaka bisa dalam satu hamparan yang luas.

Baca juga :   Beasiswa Pendidikan Wakatobi Bersinar Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pendidikan

Salim, selaku staf Ahli DPR RI dari Sulawesi Tenggara menyampaikan, bahwa tujuan kebgiatan ini untuk meningkatkan keterampilan petani dan potensi pertanian di Sulawesi Tenggara. “BPTP Sulawesi Tenggara tetap membinbing dan melatih petani di Sulawesi Tenggara, sehingga pertanian di Sulawesi Tenggara bisa lebih maju,” pesan Salim.

Materi Bimtek kali ini adalah teknik pembibitan tanaman kopi, porang dan Kakao, masing-masing dibawakan para peneliti peneliti BPTP Sulawesi Tenggara yaitu : Ir. Agus Salim, MP, Ir. Entis Sutisna, M.Si dan Dr Baharuddin M.S.

Masruhing, salah satu petani kakao menyambut baik kegiatan ini. Dengan adanya bimtek ini, petani bisa pengetahuan dan keterampilannya pembibitan tanaman perkebunan bisa meningkat. Salah satu materi yang banyak didiskusikan adalah pembibitan tanaman porang, karena tanaman ini merupakan tanaman yang lagi tren dan menjanjikan. Tanaman porang ini sudah mulai dibudidayakan oleh petani di Sulawesi Tenggara, dan bisa sebaai tanaman sela di antara tanaman perkebunan lainnya. (Ikl)

 

 

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

18 November 2023 - 17:32

Pusat Karir USN Kolaka Gelar Pelatihan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa

PT Vale Raih Peringkat Gold Laporan Keberlanjutan Terbaik di Asia Sustainability Reporting Rating 2023

7 November 2023 - 14:45

Wakil Presiden Direktur PT Vale Adriansyah Chaniago
Trending di Terbaru