Menu

Mode Gelap

Kota Kendari · 17 Des 2018 01:16

Tingkatkan Solidaritas, Kodim 417/Kendari Helat LLA ke III Pramuka Saka Wira Kartika


 Tingkatkan Solidaritas, Kodim 417/Kendari Helat LLA ke III Pramuka Saka Wira Kartika Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI – Mempererat solidaritas sesama anggota pramuka, serta mendidik mental dikalangan anggota Pramuka Penegak dan Pandega, Kodim 417/Kendari menggelar Lomba Lintas Alam (LLA) ke-III Pramuka Saka Wira Kartika tingkat penegak dan pandega se-Sultra. Perlombaan lintas alam ini, berlokasi di Kebun Raya Kendari, Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari akhir pekan kemarin.

Dalam kegiatan lintas alam ini, diikuti oleh peserta lomba 305 orang. Dimana kegitan ini merupakan keterwakilan dari Gugus Depan dan Satuan Karya yang berasal dari Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kolaka Timur (Koltim).

Dandim 1413/Kendari Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya yang juga Ketua Saka Wira Kartika melalui Wakil Ketua Saka Kartika Pelda fi. Marida mengatakan, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh anggota pramuka perwakilan gugus depan dan satuan karya Pramuka yang berasal dari kwarcab Konawe, Konut, Konsel, Konkep dan Koltim dalam ajang lomba lintas alam ke-III.

“Kegiatan ini, sebagai wadah untuk mendidik mental dikalangan anggota Pramuka Penegak dan Pandega, juga untuk menjadikan Manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti Juga untuk mengembangkan kegiatan kreatif, inovatif, edukatif, serta produktif dan untuk menggalang persatuan dan kekompakan, serta solidaritas sesama anggota Pramuka Penegak dan Pandega,” imbuhnya.

Baca juga :   Balitbangtan BPTP Lepas Siswa Prakerin SMKN 1 Wonggeduku

Lanjutnya, dimana LLA ini, adalah lomba yang menitik beratkan pada bidang, intelektual, fisik, teknologi, dan tehnik kepramukaan sesuai dengan suku golongan penegak dan pandega sehingga dapat menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan dipangkalan gudep dan satuan karya masing-masing.

“Saya harapkan dalam lomba ini, anggota Pramuka bisa menunjukkan sikap sportifitas. Serta dapat membina rasa persaudaraan diantara sesama anggota pramuka penegak dan pandega khususnya di Wilayah Kendari dan untuk di Wilayah Sulawesi Tenggara,”tandasnya.

Dimana dalam lomba lintas alam ini sambung Marida, dengan memakai metode Materi Packing, Peta pita, Pioneering, Peta panorama, Menaksir tinggi dan Sandi. Dimana bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam membaca dan memposisikan diri saat dialam terbuka.

“Dengan adanya lomba ini saya harapkan bisa membangun kekompakan dan solidaritas serta persaudaraan sesama Pramuka. Serta untuk tim juri agar dalam penilaian secara adil dan objektif terhadap setiap mata lomba,” pungkasnya.

Untuk diketahui pemenang dalam lomba lintas alam (LLA) ke-III tingkat Penegak dan Pandega tahun 2018 yaitu untuk Juara 1 Umum MAN 1 kendari, Juara 2 Umum SMAN 4 Kendari, Juara 3 SMAS Kartika XX kendari. (bung)

Artikel ini telah dibaca 177 kali

Baca Lainnya

Agya dan Calya DP Mulai 6 Jutaan Rupiah di Sultra, Saatnya Berlebaran dengan Toyota

3 April 2024 - 17:16

Sebaran Suara Jaelani Dari Petani Hingga Nelayan, Raih Suara Terbanyak DPR RI Dapil Sultra

22 Maret 2024 - 15:13

Jaelani Raih Suara Terbanyak Amankan Satu Kursi DPR RI Dapil Sultra; PKB Mulai Bangkit Dari Timur

10 Maret 2024 - 21:00

Suara Caleg PKB Sultra Tiba-tiba Turun Drastis di Aplikasi Sirekap KPU

19 Februari 2024 - 22:35

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Tempuh Ratusan Kilometer, Toyota Kijang Innova Zenix Terbukti Irit dan Nyaman  

21 Desember 2023 - 20:01

Trending di Berita Utama