Menu

Mode Gelap

Terbaru · 12 Mar 2021 11:01

Tumbuhkan Perekonomian Baru, Monianse Ajak Wanita Islam Bangun Koperasi Syariah


 Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse Perbesar

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse

SULTRAKITA.COM, BAUBAU – Organisasi Wanita Islam Kota Baubau diajak berkolaborasi dengan pemerintah untuk membangun Koperasi Syariah.

Ajakan ini disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau, La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya pada acara pengukuhan Pengurus Cabang Wanita Islam Kota Baubau di aula kantor Kementerian agama Kota Baubau, Minggu (7/3/2021).

“Saya mewakili pemerintah sangat berharap, pertemuan seperti ini tidak menjadi pertemuan yang pertama dan terakhir. Namun kita akan terus membangun kolaborasi dan membangun program bersama dalam menyukseskan program pembangunan Daerah ini. Hal yang mungkin kita bisa lakukan adalah kerja sama untuk pembangunan Koperasi Syariah,” ucap La Ode Ahmad Monianse.

Wawali sangat optimis jika pembangunan Koperasi Syariah tersebut dapat terwujud, maka Kota Baubau akan memiliki lembaga perekonomian baru yang bersumber dari kekuatan Umat. Pasalnya, melalui Koperasi Syariah tersebut dana Wakaf dapat dikelola dengan baik. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu pendukung dalam menyukseskan pembangunan daerah di berbagai sektor.

“Insya Allah Koperasi Syariah ini kita bisa bangun dan kita galang bersama agar dapat menjadi sebuah model perekonomian yang baru di Kota Baubau. Yaitu Lembaga Perekonomian yang dibangun oleh Wanita Islam dalam sebuah wadah Koperasi Syariah dan nantinya akan berkontribusi nyata pada perekonomian Daerah kita ini,” ujarnya.

Baca juga :   Wagub Sultra: Kolaka Pencetak Qori dan Qoriah Berpestasi

Dikatakan, salah satu program andalan organisasi Wanita Islam Kota Baubau adalah pengelolaan Wakaf. Untuk itu La Ode Ahmad Monianse menilai, Wakaf dapat meningkatkan perekonomian Negara jika dikelola dengan baik. Pasalnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, potensi wakaf di tahun 2021 mencapai Rp2000 triliun dan yang berbentuk uang baru mencapai sekitar Rp188 triliun.

“Itu baru potensi, kenyataannya hari ini uang ditambah dengan barang lainnya baru terkumpul sekitar 138 Triliun. Artinya masih banyak potensi Wakaf yang saat ini tidur dari potensi yang semestinya tidak terkecuali di Kota Baubau. Jika potensi ini bisa bergerak bersama serta dapat dikelola dengan baik, maka ini bisa menjadi sebuah kekuatan baru dalam bidang perekonomian kita,” imbuhnya.

La Ode Ahmad Monianse juga mengingatkan, dalam sebuah organisasi dibutuhkan sebuah kekompakan. Untuk itu ia menekankan pentingnya nilai-nilai budaya sebagai kontrol dalam interaksi sosial, baik dalam organisasi maupun masyarakat. Sebagai daerah eks Kesultanan, Kota Baubau memiliki nilai-nilai filosofi yang tertuang dalam Sara Pataanguna.

Baca juga :   Sambut Tim Penilai P2WKSS, Arhawi Puji Kinerja Tim Penggerak PKK Wakatobi

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sara Pataanguna tersebut telah dikaji oleh Wali Kota Baubau, Dr. H. AS Tamrin, MH yaitu, Pomaamaasiaka, Pomaemaeaka, Popiapiara, dan Poangka angkataka, yang kemudian dielaborasi menjadi PO-5 dengan ditambahkan satu filosofi yang sangat kuat yaitu Pobinci binciki kuli. Menurutnya, nilai-nilai luhur tersebut saat ini menjadi penyemangat dalam pembangunan Kota Baubau.

“Ini sangat penting untuk membangun kebersamaan dalam menjaga keutuhan sebuah organisasi. Kalau ini dijadikan pedoman dalam berorganisasi, Insya Allah organisasi dan program-program organisasi dapat berjalan dengan baik. Karena organisasi yang baik, di dalamnya terbangun rasa saling menghargai serta solidaritas yang tinggi,” pungkasnya.

Sumber: Dinas Kominfo Baubau

 

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Pemkab Koltim Fokus Tingkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi

4 Juni 2024 - 20:21

PT Vale Serahkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor di Luwu

7 Mei 2024 - 12:17

Peringati Hari Ibu, Sekda Sultra Ajak Semua Pihak Hargai Perjuangan Perempuan

23 Desember 2023 - 07:51

Kelola Sampah secara Terpadu, Antam Gagas Program Momahe

11 Desember 2023 - 17:31

sultrakita.com, Pengelolaan Sampah Antam

Serikat Pekerja PT Antam UBPN Kolaka Bantu Rakyat Palestina

8 Desember 2023 - 17:17

PT Vale Raih CSA Awards 2023 Kategori The Best Materials Sector on the Main Board

24 November 2023 - 14:15

CSA Award
Trending di Terbaru