Menu

Mode Gelap

Buton Utara · 3 Okt 2022 18:11

122 Petugas Pendataan Awal Regsosek Ikut Pelatihan


 122 Petugas Pendataan Awal Regsosek Ikut Pelatihan Perbesar

SULTRAKITA.COM, BURANGA –        Sebanyak 122 orang petugas lapangan yang akan melaksanakan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di wilayah Kabupaten Buton Utara (Butur) mengikuti pelatihan disalah satu Hotel di Kecamatan Kulisusu, Senin (30/9).

Pelatihan yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Butur ini dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah Butur Muhammad Hardhy Muslim.

Sekda Butur dalam sambutannya mengatakan, pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk program perlindungan sosial, tetapi juga data kondisi sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah.

Tujuan dari Pendataan Awal Regsosek ini adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

“Demi kelancaran penyelenggaraan proses pendataan awal Regsosek 2022, perlu ada keseragaman konsep dan definisi yang dipahami oleh petugas pendataan. Oleh karena itu, pelatihan Petugas menjadi salah satu hal yang penting dalam pelaksanaan Regsosek,” katanya.

Baca juga :   17 Kabupaten Bakal Ikut Serta Festival Seni dan Qasidah di Butur

Ditempat yang sama, Kepala BPS Butur Musdin menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan tahapan akhir pelatihan pendataan Regsosek, dimana sebelumnya telah dilakukan pelatihan Instruktur Nasional di BPS Pusat dan pelatihan instruktur daerah oleh BPS Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Adapun yang hendak dicapai dalam pelatihan ini yakni, tercapainya tujuan dan output pendataan awal Regsosek yang berkualitas,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelatihan itu secara khusus meningkatkan kemampuan petugas dan menyamakan persepsi dalam memahami konsep definisi, tata cara pengisian kuesisoner, alur pertanyaan, pemeriksaan dokumen dan keseluruhan SOP pelaksanaan lapangan pendataan Awal Regsosek.

Diketahui, peserta pelatihan petugas pendataan awal Regsosek 2022 gelombang 1 terdiri dari, 3 orang instruktur daerah, 51 orang PCL yang berasal dari tenaga non organik, 17 orang PML yang berasal dari tenaga non organik, 4 orang Koseka yang berasal dari organik BPS Butur, 6 orang panitia. Kegiatan dilaksanakan 3-4 Oktober 2022. (dar)

 

Artikel ini telah dibaca 97 kali

Baca Lainnya

Bupati Bersama Pengurus Baznas Buton Utara Serahkan Donasi Masyarakat Untuk Palestina

29 November 2023 - 22:08

Tahapan Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Butur Resmi Dibuka

18 Maret 2023 - 18:04

Pengumuman Hasil Rekrutmen Guru P3K di Butur Dipertanyakan

12 Maret 2023 - 08:56

Sopir Angkot Segel Dinas Perhubungan Butur

7 Februari 2023 - 16:41

Pemkab Butur Pasang 500 Patok Bidang Tanah di Wakorut

4 Februari 2023 - 00:28

88 Kelompok Nelayan Butur Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan

27 Januari 2023 - 22:04

Trending di Buton Utara