Menu

Mode Gelap

Buton Utara · 3 Sep 2021 09:10

Ketua Nasdem Butur Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda


 Ketua Nasdem Butur Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda Perbesar

SULTRAKITA.COM, KENDARI — Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Buton Utara (Butur) menekankan pentingnya pendidikan Politik bagi Generasi Muda, khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pendidikan dan Politik memiliki makna yang berbeda namum memiliki tujuan yang sama dan saling menunjang dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat, sehingga pendidikan politik dapat diartikan sebagai proses pembelajaran dan pemahaman sebagai aktivitas yang bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan orientasi orientasi politik pada individu.

Hal ini mengingat peran aktif Generasi Muda dibidang politik sangat berdampak pada kemajuan suatu daerah, karena itu pemahaman tentang politik sudah harus ditanamkan sejak dini, khususnya bagi pemilih pemula.

Indonesia terdiri dari berbagai daerah dan wilayah yang beraneka ragam, budaya masyarakat beragam apalagi kemajuan berpikir cenderung mengikuti perkembangan kota besar, lantas bagaimana perkembangan berpikir yang terjadi bagi suatu daerah yang kecil ? keadaan seperti inilah yang membuat ketidakseimbangan perbedaan berpendapat antara kota besar dan daerah.

Ketua DPD Nasdem Butur Norbertus Simon menjelaskan, berdasarkan pantauan Pengurus DPD Nasdem Butur, pendidikan politik kerap dilakukan oleh berbagai lembaga dan komunitas terkait, yang peduli dengan perkembangan Demokrasi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga :   Hardhy Muslim : AOE Dapat Dorong Ekonomi Daerah dan Komoditi Unggulan

Namun Demikian, pendidikan Politik yang sudah dilakukan, baik dalam bentuk pelatihan maupun sosialisasi itu, belum secara spesifik menjelaskan peran aktif Generasi muda dan pemilih Pemula, tidak hanya sebagai wajib pilih, tetapi juga dapat dipilih jika nanti mencalonkan diri sebagai calon legislatif maupun eksekutif.

Karena itu, ia mengajak semua kader dan Pengurus DPD Partai Nasdem Butur, agar secara aktif melakukan sosialisasi kepada Generasi Muda dan Pemilih Pemula di Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk memahami pentingnya pendidikan dibidang politik.

” Kami harap kedepan Generasi Muda dapat memahami peran politiknya secara utuh, tidak sebatas wajib pilih saja, tetapi juga memiliki hak untuk dipilih, karena Partai Nasdem Butur selalu terbuka bagi pemuda yang mau berperan aktif dibidang Politik ini, ” kata Norbertus, Kamis (02/9).

Norbertus menjelaskan, Pendidikan Politik memiliki peran penting sebagai bagian dalam memperkuat konsolidasi demokrasi di Indonesia, sesuai amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2010, tentang Pedoman Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Politik.

Baca juga :   AKABRI Angkatan 90 Gelar Vaksinasi Massal Berhadiah

Bertujuan untuk menyiapkan serta mewujudkan Generasi Muda yang dapat diandalkan sebagai warga negara untuk memenuhi harapan masyarakat luas di daerahnya masing-masing.

Selain itu, pentingnya pendidikan politik bagi Generasi Muda dan Pemilih Pemula, sebagai upaya membangun kesadaran berpolitik dan memberikan pengetahuan yang memadai, sehingga mereka dapat berpikir secara rasional dalam pengambilan keputusan dan penggunaan hak politik secara sadar dan rasional.

” Sebagai Generasi Muda , peran serta dalam pembangunan dapat diwujudkan dengan upaya yang bermanfaat bagi kepentingan rakyat banyak, khususnya di Sulawesi Tenggara, ” pungkasnya. (Man)

Artikel ini telah dibaca 107 kali

Baca Lainnya

Bupati Bersama Pengurus Baznas Buton Utara Serahkan Donasi Masyarakat Untuk Palestina

29 November 2023 - 22:08

Tahapan Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Butur Resmi Dibuka

18 Maret 2023 - 18:04

Pengumuman Hasil Rekrutmen Guru P3K di Butur Dipertanyakan

12 Maret 2023 - 08:56

Sopir Angkot Segel Dinas Perhubungan Butur

7 Februari 2023 - 16:41

Pemkab Butur Pasang 500 Patok Bidang Tanah di Wakorut

4 Februari 2023 - 00:28

88 Kelompok Nelayan Butur Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan

27 Januari 2023 - 22:04

Trending di Buton Utara