Menu

Mode Gelap

Buton Utara · 17 Jul 2021 09:47 WITA

Pemda Butur Izinkan Shalat Idul Adha Berjamaah


 Pemda Butur Izinkan Shalat Idul Adha Berjamaah Perbesar

SULTRAKITA.COM – BURANGA –  Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) mengizinkan shalat Idul Adha dan pelaksanaan qurban tahun 1442 Hijiriah, 2021 Masehi dengan ketentuan mengikuti aturan yang telah dibuat.

Hal itu dipertegas melalui surat edaran Bupati Butur Nomor 451.1/805, tanggal 15 Juli 202, tentang petunjuk teknis pelaksanaan malam takbiran, shalat hari raya idul adha dan pemotongan hewan qurban tahun 1442H, 2021 M, di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro Kabupaten Butur.

Surat edaran tersebut tertuang delapan aturan yang wajib diketahui salah satunya, malam takbiran diselenggarakan dalam kondisi sehat dan suhu badan dibawah 37 derajat celcius. Malam takbiran hanya boleh diikuti oleh jamaah dengan usia 18 sampai 59 tahun.

Kemudian malam takbiran hanya dapat diselenggarakan pada Masjid dengan status zona hijau dan kuning dari penyebaran covid -19. Masjid yang menyelenggarakan malam takbiran wajib menyediakan alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, sarana mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, masker medis, menerapkan pembatasan jarak dan memastikan tidak ada kerumunan, serta melakukan disinfeksi di tempat penyelenggaraan sebelum dan setelah penyelenggaraan malam takbiran.

Selanjutnya malam takbiran hanya diikuti oleh jamaah Majid dari warga setempat dengan ketentuan 10 persen dari kapasitas masjid dan mushollah dengan memperhatikan standar protokol kesehatan covid-19 secara ketat. Kegiatan takbir keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian dan kerumunan.

Ketentuan shalat hari Raya Idul Adha saat PPKM Mikro yakni, yang pertama shalat hari Raya Idul Adha 1442H, 2021 Masehi dilaksanakan sesuai dengan rukun shalat dan penyampaian Khutbah Idul Adha secara singkat paling lama 15 menit. Kedua, pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1442H, 2021 M hanya dapat dilaksanakan di masjid dengan kapasitas jarnaah 50 persen dari kapasitas masjid dengan menerapkan protokol covid-19 secara ketat, sedangkan di lapangan terbuka dilarang. Ketiga, memperhatikan standar Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban agar memperhatikan yang pertama, penyembelihan hewan qurban berlangsung dalam waktu tiga hari yakni, tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah untuk menghindari kerumunan warga di lokasi pelaksanaan qurban. Kedua, pemotongan hewan qurban dilakukan di rumah/diluar Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R), dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat.

Ketiga, kegiatan penyembelihan, pengulitan, pencacahan daging, dan pendistribusian daging qurban kepada masyarakat yang berhak menerima wajib memperhatikan
penerapan Protokol Kesehatan seperti penggunaan alat tidak boleh secara bergantian.

Keempat, kegiatan pemotongan hewan qurban hanya boleh dilakukan oleh panitia pemotongan hewan qurban dan disaksikan oleh orang yang berqurban. Kelima, pendistribusian daging qurban dilakukan langsung oleh panitia kepada warga di tempat tinggal masing-masing dengan meminimalkan kontak fisik satu sama lain.

Serta menghimbau, para pengurus masjid/mushollah dan jamaah pada setiap selesai pelaksanaan shalat jum’at dihimbau untuk memperbanyak shalawat, membaca surat Al- Kahfi melaksanakan Qunut Nazilah serta setiap selesai shalat lima waktu mendoakan keselamatan Negeri agar terhindar dari wabah dan bencana. (Wan)

 

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Ratusan Anak Yatim Piatu dan Kurang Mampu  Terima Santunan Pemkab Butur

25 April 2022 - 17:57 WITA

Ramadhan, IKA Bintara Polri 2004 Ajak Masyarakat Tingkatkan Iman dan Takwa

24 April 2022 - 22:24 WITA

BWA Nasional Salurkan 2000 Al-Qur’an di Butur

5 April 2022 - 22:04 WITA

Lantik Pejabat di Butur, Ridwan Zakaria Harapkan Laksanakan Tugas dengan Baik

3 April 2022 - 19:33 WITA

Bupati Butur Sidak Pedagang Pasar Kulisusu

1 April 2022 - 16:13 WITA

Sambut Hut ke-15, Pemkab Butur Helat Fishing Turnamen

26 Maret 2022 - 07:45 WITA

Trending di Buton Utara
error: Content is protected !!