Menu

Mode Gelap

Wakatobi ยท 17 Des 2017 17:45

Pemda Wakatobi Optimis Raih WTP Tahun Depan


 Pemda Wakatobi Optimis Raih WTP Tahun Depan Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – Memasuki satu setengah tahun Kepemimpinan H Arhawi-Ilmiati Daut, Pemerintah Kabupaten Wakatobi, optimis bisa meraih Opini WTP dari BPK RI, untuk laporan keuangan daerah tahun 2017. Hal ini tidak terlepas dari trend positif pengelolaan keuangan di tiap OPD hingga november lalu.

Trend Positif itu, kata H Kamalu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Wakatobi, yaitu realisasi dimasing-masing OPD, terkait belanja hingga akhir bulan 11 ini telah mencapai 82 persen, sedangkan untuk pendapatan mencapai realisasi 93 persen.

Hal ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak dalam memperbaiki pengelolaan keuangan daerah, utamanya Bupati Wakatobi H Arhawi. Berbagai rapat koordinasi selalu dilakukan setiap bulan oleh Bupati, PPKAD, beserta seluruh OPD untuk mengevaluasi sejauh mana penyerapan anggaran dan perkembangan laporan keuangan.

“saya mengapresiasi komitmen Bupati Wakatobi melalui DPPKAD untuk memaksimalkan kontrol dan pengawasan di seluruh OPD, terkait pengelolaan keuangan daerah “, tutur H Kamalu saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/12).

Baca juga :   Proses Belajar Tatap Muka di Wakatobi Menunggu Hasil Evaluasi Sebaran Covid-19

Selain rapat Koordinasi, pengawasan juga dilakukan antara lain berupa, pengawasan percepatan realisasi, serapan anggaran di masing-masing OPD. Dalam Hal ini, semua OPD dipacu agar lebih mengoptimalkan laporan keuangan.

“Beliau (bupati) selalu mewanti-wanti agar serapan anggaran dioptimalkan. Karena tidak ada untungnya jika ada anggaran tapi tidak digunakan untuk pembangunan di Wakatobi.”

Tingginya pengawasan ini yang membuat kami optimis bisa mempertahankan Opini WTP dari BPK RI, untuk Laporan Keuangan Daerah Tahun 2017. Sejauh ini Wakatobi telah memperoleh tiga kali WTP, yaitu Audit BPK RI terhadapa Laporan Keuangan Daerah Kabupaten Wakatobi Tahun 2014, 2015 dan terakhir tahun 2016.

“WTP itukan opini dari pengelolaan keuangan secara utuh, tentunya kiat untuk mendapatkan opini itu kan dipengelolaan keuangannya harus lebih bagus. Disamping itu, pengelolaan dan penataan aset harus lebih baik lagi,” tutup H Kamalu, Kepala Dinas PPKAD Kabupaten Wakatobi. (Man)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KPU Wakatobi Buka Seleksi Calon Anggota PPK, Ini Jadwalnya

23 April 2024 - 19:40

Pemkab Wakatobi Mulai Bangun Lokasi Baru Pemukiman Suku Bajo

20 April 2024 - 22:15

Bupati Haliana Buka Acara Adat Karia’a Ajamani Binongko; Tradisi Unik Tiap Delapan Tahun

17 April 2024 - 23:45

Haliana Minta Jaga Pasokan dan Harga Pangan Tetap Stabil Jelang Idul Fitri

1 April 2024 - 12:10

Ramadhan Cinta II, Bupati Wakatobi Beri Santunan Anak Yatim

30 Maret 2024 - 23:26

Terima Hibah Tanah, Pemkab Wakatobi Bakal Bangun Pelabuhan Nasional di Tomia

27 Maret 2024 - 19:52

Trending di Berita Utama