Menu

Mode Gelap

Buton Utara · 27 Nov 2021 17:57 WITA

Pemkab Butur Launching Digital Island 100 Persen Fiber


 Pemkab Butur Launching Digital  Island 100 Persen Fiber Perbesar

BURANGA, SULTRAKITA,COM-
Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Pemkab Butur) launching digital island 100 persen fiber optik di Aula Bappeda Butur, Sabtu, 27 November 2021.

Hal ini dilakukan berdasarkan kerjasama pengembangan layanan internet dengan PT. Telkom Indonesia Witel Sultra melalui layanan Astinet dan Indihome yang tertuang dalam MOU pada tanggal 15 Maret 2021.

Secara rinci layanan Indi Home merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet.

Layanan tersebut memiliki kelebihan dibanding jaringan Coax atau ADSL dengan kekuatan maksimum yang hanya mencapai 5mbps. Kekuatan jaringan IndiHome dengan Fiber Optic lebih stabil, mampu mencapai kecepatan 150 mbps serta lebih handal dari gangguan cuaca buruk.

Hadirnya layanan jaringan internet dengan fiber optik ini diharapkan mampu mengatasi kendala sampai seluruh wilayah terkoneksi dengan fiber optic, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Hadirnya Telkom 100 persen fiber sudah menjawab kebutuhan, baik masyarakat maupun pemerintah daerah,” kata Dr. Muh Ridwan Zakariah dalam sambutanya.

Bupati dua periode ini berharap, dengan launching digital island 100 persen fiber di Butur dapat meningkatkan layanan internet semakin baik, secara langsung dan akan bermuara pada kualitas pelayanan birokrasi, kemajuan ekonomi, budaya serta sosial kemasyarakatan.

Sementara itu, GM Telkom area Sultra Feronica dalam sambutanya mengatakan, launching digital island 100 persen fiber optik merupakan sebuah kebanggaan PT. Telkom Indonesia khususnya wilayah Sultra yang telah berhasil tersambung di Butur.

“Ini bukan waktu yang pendek, nanti kepemimpinan Bupati Butur Ridwan Zakariah dan Wakil Bupati Butur Ahali akhirnya bisa terwujud, sehingga hari ini kita bisa mengadakan launching digital island 100 persen fiber optik. Karena ada wilayah kabupaten/kota lainnya yang belum 100 persen fiber optik,” katanya.

Ia menjelaskan, fiber optik adalah salah satu technology infrastruktur Telkom yang paling handal. Selin itu, lanjutnya, memilki kebel laut dan stelit. “Kalau Telkom memiliki jalur laut, udara dan darat. Laut kita punya kabel laut, kalu darat kita punya fiber optik dan radio, kalau udara punya satelit. Jadi Telkom dimana saja bisa, memberikan layanan power full,” jelasnya.

Feronica menambahkan, salah satu motivasi memperjuangkan Buton Utara adalah untuk mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

“Melayani masyarakat, juga sebagai infotainment, mendorong percepatan roda ekonomi serta mendorong peningkatan akses Pendidikan, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan dan daya saing masyarakat di Buton Utara. Telkom dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat Buton Utara dan menjadi amal jariah bagi seluruh stakeholder, PT. Telkom maupun Pemerintah Kabupaten Buton Utara,” tandas Feronica.

Diketahi, launching tersebut dihadiri Bupati Butur, Dr. Muh Ridwan Zakariah, Wakil Bupati Butur Ahali, Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim, Wakil ketua II DPRD Butur Sujono, unsur Forkopimda Butur, General Manajer Telkom Witel Sultra Feronica dan undangan lainya. (Man)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Ratusan Anak Yatim Piatu dan Kurang Mampu  Terima Santunan Pemkab Butur

25 April 2022 - 17:57 WITA

Ramadhan, IKA Bintara Polri 2004 Ajak Masyarakat Tingkatkan Iman dan Takwa

24 April 2022 - 22:24 WITA

BWA Nasional Salurkan 2000 Al-Qur’an di Butur

5 April 2022 - 22:04 WITA

Lantik Pejabat di Butur, Ridwan Zakaria Harapkan Laksanakan Tugas dengan Baik

3 April 2022 - 19:33 WITA

Bupati Butur Sidak Pedagang Pasar Kulisusu

1 April 2022 - 16:13 WITA

Sambut Hut ke-15, Pemkab Butur Helat Fishing Turnamen

26 Maret 2022 - 07:45 WITA

Trending di Buton Utara
error: Content is protected !!