Menu

Mode Gelap

Wakatobi ยท 28 Apr 2021 21:42 WITA

MA Al-Munawarah Tomia Bersama SDN Mole dan Pemuda Peringati Hari Puisi-Tari Sedunia


 MA Al-Munawarah Tomia Bersama SDN Mole dan Pemuda Peringati Hari Puisi-Tari Sedunia Perbesar

SULTRAKITA.COM, WAKATOBI – 28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional secara serentak di Indonesia dan 29 April Hari Tari Sedunia yang setiap tahunnya digelar.

Sebanyak tujuh pegiat sastra lisan yang berpartisipasi untuk pentas, tiga diantaranya membawakan karya puisinya yakni, Pantai Onemai oleh Muh. Sukriman, Ministry Batin oleh La Ode Ali Hanafi dan Kisah dari Sebuah Perjalanan oleh Isman.

Dan empat kelompok tari yang ikut berpartisipasi yakni, pelajar MTs, SDN Teemoane, Kecamatan Tomia dan SDN Lagole, Desa Wawotimu, Kecamatan Tomia Timur yang digelar di halaman Madrasah Aliyah (MA) Al-Munawarah Tomia, Desa Teemoane, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Alifin yang meruapakan salah satu guru di MA Aliyah mengatakan, tujuan penyelenggaraan tersebut untuk memperkuat solidaritas, menjalin silaturahmi, mempersatukan pegiat sastra dalam suatu wadah demi memprakarsai pendirian kesenian khususnya di pulau Tomia yang berkelanjutan.

Karena keberhasilan pembangunan di sebuah daerah tidak hanya diukur dari kuantitas pembangunan fisik dan infrastruktur semata, namun keberhasilan pembangunan mental dan spritual juga sangat berpengaruh dalam membentuk karakter yang baik, kreatif dan inovatif.

Pengembangan mental dan spiritual itu bisa diwujudkan dalam banyak hal mulai dari kegiatan keagamaan, pendidikan formal dan informal, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan lain sebagainya, cetus Alifin.

Dan salah satu guru SD Negeri Mole, Desa Waloindi, Kecamatan Togo Binongko, Jufiana ikut berpartisi pasi memperingati hari puisi dengan menampilkan tiga siswinya untuk baca puisi.

Jufiana berharap, hari puisi 28 april di tahun mendatang, bisa diselenggarakan serentak diberbagai tempat. Karena tahun 2021 ini di Kabupaten Wakatobi hanya dua tempat saja di Madrasah Aliyah (MA) Al-Munawarah Tomia dan SD Negeri Mole, Togo Binongko.

“Semoga dengan banyaknya Sumber daya lokal ini, dapat diperhatikan lebih serius lagi dari pemangku kebijakan yang disuport dengan event yang lebih serius, peningkatan kapasitas demi mengembangkan dan melahirkan generasi yang potensial,” tuturnya kepada sultrakita.com (28/04). (AN)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

24 Pengurus DPD Garnita Malahayati Nasdem Wakatobi Resmi Dilantik

15 Mei 2022 - 09:56 WITA

Tuntut Kejelasan Status Tanah, Warga Tomia Bangun Gazebo di Dalam Bandara Maranggo

8 Mei 2022 - 22:11 WITA

Alumni SMPN 1 Tomia Bakal Gelar Khitanan Massal Gratis

2 Mei 2022 - 12:38 WITA

Fakultas Teknik Mesin Unidayan Baubau Demo Alat TTG di Desa Kahianga Wakatobi

24 Februari 2022 - 09:42 WITA

Mahasiswa Unidayan Gelar Baksos di Benteng Suo-Suo Tomia

22 Februari 2022 - 21:02 WITA

Ratusan Warga Harap Bupati WakatobiTak Ganti Lurah Patipelong

14 Januari 2022 - 20:16 WITA

Trending di Wakatobi
error: Content is protected !!